Mercu Buana University

PERGURUAN TINGGI SIAP BIKIN SATGAS ANTI BERITA PALSU

  •   Written by admin
  • Category: Berita

 

 

 

Dukungan teknologi informasi yang semakin baik menciptakan arus informasi pun semakin mudah dan berlimpah. Masyarakat pun dengan cepat mendapatkan beragam informasi dari platform media. Bahkan informasi yang tidak bertanggung jawab pun dapat dikonsumsi masyarakat.

Ketua Panitia SINAPTIKA 2017, Dr. Mujiono Sadikin, MT menegaskan berlimpahnya informasi yang tersedia juga bukan tanpa persoalan. Informasi yang beredar itu tidak sedikit bernilai negative dan mengandung kebohongan. Akibatnya informasi yang diserap pun tidak sesuai kenyataannya.

“Berita palsu, hoax atau fake news yang beredar dimasyarakat adalah persoalan serius. Karena kesalahan informasi itu akan berdampak pada sikap atau respon yang tidak tepat. Dampaknya pun bisa sangat buruk,” kata Dr. Mujiono Sadikin disela seminar SINAPTIKA bertema “Peran Teknologi Informasi dalam menyikapi Peluang dan Tantangan Keberlimpahan Informasi” di kampus UMB, Jakarta, Sabtu (7/10/17).

Beredarnya berita bohong itu, lanjut dia perlulah penanganan serius dari pemerintah dan berbagai elemen masyarakat, termasuk perguruan tinggi. Dalam hal ini Universitas Mecu Buana bersama perguruan tinggi lain tengah menyusun strategi efektif mencegah penyebaran berita bohong.

Menurutnya beberapa perguruan tinggi telah membuat aplikasi yang mampu mendeteksi kebenaran sebuah informasi. Dengan aplikasi tersebut diharapkan masyarakat dapat lebih dahulu melihat validitas informasi yang diterimanya. Sehingga memahami benar isi informasi.

“Kalau itu berita bohong kan tidak perlu menjadi perhatian. Jika perlu langsung saja dijauhkan atau dihapus,” paparnya.

Tentu saja, sambung dia aplikasi yang mendeteksi berita bohong tersebut perlu juga dukungan team yang kuat. Agar informasi palsu tidak beredar luas. Team yang dimaksud itu bisa berupa satuan tugas (Satgas) anti berita palsu.

Dia berharap gagasan pembentukan satgas anti berita palsu ini bisa memperkuat aplikasi yang telah dipersiapkan perguruan tinggi lain. Dengan demikian upaya mencegah pemberitaan palsu di era keterbukaan informasi ini bisa lebih terkendali.

Dalam seminar ini menghadirkan pula sejumlah pembicara yang pakar dalam bidangnya, antara lain Ketua Program Sarjana Teknik Informatika ITB, Dr. Eng. Ayu Purwarianti, ST, MT, Head of Information System Division PT. PLN, Agus Sutiawan, CISA, PMP, CISM, Tokoh dan Pakar IT Onno W. Purbo dan pembicara lainnya. (penulis: Amukti Sadat Jati/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

 

 

 

Info Pendaftaran 085100633360

Kampus UMB

Kampus Meruya

  • Jl. Meruya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • T : 021 5840 816 ( Hunting), ext: 2751
  • F : 021 5840 015

Kampus Menteng

  • Jl. Menteng Raya No.29, Jakarta Pusat
  • T : 021 3193 5454
  • F : 021 3193 4474

Kampus Cibubur

  • Jl. Keranggan No.6, Jatisampurna Bekasi
  • T : 021 8449 635

Fakultas

Diploma 3

  • . Fakultas Ekonomi dan Bisnis

     

     

    Profesi 

    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Strata 1

Strata 2

 

 

Top of Page