Mercu Buana University

PARA AHLI KOMUNIKASI SIAPKAN 23 RISET KEPARIWISATAAN

  •   Written by admin
  • Category: Berita

Sektor pariwisata yang terus menggeliat dan mampu menggerakkan roda ekonomi itu ternyata belum maksimal. Terbukti data kunjungan wisatawan tahun 2016 hanya 11,5 juta wisatawan. Jumlah itu masih kalah dibandingkan negara Malaysia dan Singapura.

“Malaysia telah menembus angka 17,5 juta wisatawan dan Singapuran mencapai 12 juta wisatawan. Itu artinya ada persoalan yang belum terjawab dari sector pariwisata,” ujar Ketua Tim Riset Fakultas Ilmu Komunikasi UMB, Dr. Agustina Zubair saat membeberkan hasil riset komunikasi sector pariwisata di kampus UMB, Jakarta, Rabu (9/8/17).

Menurutnya rendanya kunjungan pariwisata tersebut perlu pengkajian mendalam. Agar menghasilkan solusia terhadap persoalan tersebut. Terkait itulah FIKOM UMB telah mempersiapkan 23 kajian kepariwisataan berlandasan ilmu komunikasi.

Dengan demikian, lanjut Agustina Zubair yang juga Dekan FIKOM UMB itu akan ditemukan solusi persoalan kepariwisataan pendekatan ilmu komunikasi. Diharapkan mampu menyumbang program lanjutan kepariwisataan yang berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan.

“Pada tahap awal ini tim riset FIKOM UMB melakukan kajian di Cilacap dan Kabupaten Lebak. Kedua wilayah itu memang kurang kajian kepariwisataannya,” ujar Dekan FIKOM UMB ini.

Saat pengumpulan data di Cilacap, Tim Riset Fikom menemui sejumlah narasumber dari berbagai institusi. Diantaranya, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap.Hj. Murniyah, S,Pd, M.Pd.

Menurut Murniyah, Cilacap memiliki 12 potensi wisata yang bisa dikembangkan, diantaranya kawasan laut Segara Anakan, Pantai Ranca Babakan, Gua Maria, dan Pantai Pasir Putih. Namun pengembagan kawasan wisata di Cilacap sedikit terhambat karena Pemkab harus bekerjasama dengan pemilik konsesi lahan.

“Pantai Tanjung Karang yang berada di pesisir selatan Pulau Nusa Kambangan tidak bisa dijadikan objek wisata karena pulau nusa kambangan dikelola oleh Departemen Hukum dan Ham, dan Korps Pasukan Khusus AD, Pantai Pasir Putih masuk dalam area objek vital milik Pertamina ” katanya.

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Fikom UMB, Ponco Budi Sulistyo menjelaskan bahwa untuk penelitian pariwisata kemaritiman  tahun 2016- 2017 Fikom akan menyelesaikan 23 judul penelitian, yakni 13 penelitian untuk Kab. Cilacap dan 11 penelitian untuk kab. Lebak. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat/ www.mercubuana.ac.id/ This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

Info Pendaftaran 085100633360

Kampus UMB

Kampus Meruya

  • Jl. Meruya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • T : 021 5840 816 ( Hunting), ext: 2751
  • F : 021 5840 015

Kampus Menteng

  • Jl. Menteng Raya No.29, Jakarta Pusat
  • T : 021 3193 5454
  • F : 021 3193 4474

Kampus Cibubur

  • Jl. Keranggan No.6, Jatisampurna Bekasi
  • T : 021 8449 635

Fakultas

Diploma 3

  • . Fakultas Ekonomi dan Bisnis

     

     

    Profesi 

    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Strata 1

Strata 2

 

 

Top of Page