Mercu Buana University

REALISASI JANJI POLITIK MEMENGARUHI REPUTASI PARTAI POLITIK

  •   Written by admin
  • Category: Berita

Partai politik sebagai bagian dari mesin demokrasi memiliki peran strategis. Terutama menjaga tingkat partisipasi politik pemilih pada setiap masa pemilihan umum berlangsung. Hal tersebut menunjukan terdapat konsep pertukaran yang dilakukan partai politik selama pemilihan umum.

Konsep pertukaran inilah yang menjadi karya kajian Janfry Sihite untuk mendapatkan gelar Doktor Manajemen UI. Kajian tersebut dituangkan dalam disertasinya berjudul Pengaruh Janji Merek, Reputasi Merek dan Kampanaye Permanen Terhadap Keyakinan Keputusan Serta Intensi Mendukung Partai Politik.

“Pertukaran merupakan konsep inti pemasaran. Pertukaran terjadi tidak hanya di pemasaran komersial tetaji juga di pemasaran politik,” ujar Janjfry Sihite saat menyampaikan disertasinya di Kampus UI, Jakarta, Senin (10/7/17).

Konsep pertukaran itu, lanjut dia dapat terlihat pada praktik pemilihan umum dan pemerintahan. Terkait itulah penelitan ini berusaha mengintegrasikan pertukaran didalam pemilihan umum dan pertukuran didalam pemerintahan, yang bersama-sama merupakan bagian dari kampanye permanen.

Lebih detil, Janfry mengungkapkan pertukaran didalam pemilihan umum terjadi ketika partai politik menyampaikan janji partai politik kepada pemilih. Sedangkan pertukaran didalam pemerintah terjadi ketika partai politik merealisasikan janjinya.

“Model ini mengajukan proposisi bahwa ralisasi janji partai politik memengaruhi reputasi partai politik serta memengaruhi kampanya permanen,” imbuhnya.

Tentunya, tambah Dosen tetap UMB ini mengatakan pada akhirnya realisasi janji tersebut memengaruhi keyakinan keputusan pemilih untuk mendukung npartai politik. Hal tersebut menjadi catatan tersendiri yang terungkap dalam disertasi ini.

Indikator janji merek partai politik, kata dia dikembangkan dari exploratory factor analysis tweets untuk account Twitter partai politik. Tweets diekstra dari periode kampanye pemilihan umum 2014 yang selanjutnya dianalisis menggunakan perangkat lunak Provalis QDA Miner.

Hasil penelitian ini telah mengantarkan Janfri Sihite meraih gelar Doktor Manajemen. Setelah mempertahankan karya risetnya dihadapan dewan penguji. Selamat kepada Janfri Sihite. (penulis: Johana Dacosta / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id  / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

Info Pendaftaran 085100633360

Kampus UMB

Kampus Meruya

  • Jl. Meruya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • T : 021 5840 816 ( Hunting), ext: 2751
  • F : 021 5840 015

Kampus Menteng

  • Jl. Menteng Raya No.29, Jakarta Pusat
  • T : 021 3193 5454
  • F : 021 3193 4474

Kampus Cibubur

  • Jl. Keranggan No.6, Jatisampurna Bekasi
  • T : 021 8449 635

Fakultas

Diploma 3

  • . Fakultas Ekonomi dan Bisnis

     

     

    Profesi 

    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Strata 1

Strata 2

 

 

Top of Page