Mercu Buana University

HILIRISASI RISET PERGURUAN TINGGI, MENDONGKRAK DAYA SAING NEGERI

  •   Written by admin
  • Category: Berita

 

 

 

Pemerintah terus berjuang mendorong daya saing negara dalam kancah internasional. Semangat tersebut dituangkan dalam berbagai skema kebijakan, antara lain hilirisasi riset perguruan tinggi yang menjadi strategi mencapai percepatan daya saing.

Laporan Indeks Daya Saing World Economic Forum 2016-2017 mencatat penurunan daya saing Indonesia. Sebelumnya berada pada peringkat ke-37, kini menjadi peringkat ke-41 dari 138 negara pada tahun ini. Kendati pengembangan sektor keuangan yang berjalan dinilai cukup baik, yakni naik tujuh peringkat. Secara keseluruhan, skor Indonesia 5,42 point.

“Hilirisasi riset perguruan tinggi sejatinya bukan lah sesuatu yang baru. Sejak dulu sudah sepatutnya perguruan tinggi menyumbangkan riset bagi kepentingan industry,” ujar Rektor Universitas mercu Buana, Dr. Arissetyanto Nugroho, MM dalam sambutan Wisuda Sarjana ke XXXIX dan Wisuda Pascasarjana ke XXVI tahun 2016/2017 di Indonesia Convention Exhebition (ICE), Serpong, Rabu (12/4).

Riset perguruan tinggi, menurut dia selama ini memang cenderung berjalan sendiri. Tanpa melihat lebih jauh tentang kebutuhan riset bagi dunia industry. Sehingga tidak sedikit riset perguruan tinggi yang berakhir dalam diskusi dan seminar semata.

“Riset pada hakekatnya mencapai efisiensi dan efektifitas yang lebih baik. Untuk menjawab persoalan kekinian,” tegasnya.

Arah kebijakan itu pun diterjemahkan dalam skala hasil riset yang diterbitkan Kementerian Ristek dan Dikti. Dengan meningkatkan angka kesiapan teknologi ke level 9, yakni level inovasi yang siap diproduksi oleh industri.

Pada semester genap tahun akademik 2016/2017 ini, Dosen UMB membukukan HAKI dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dalam jenis Ciptaan. Mereka adalah Dr. A.A Anwar Prabu M,M.Si, Prof. Dr.Ing Mudrik Alaydrus, Hadi Pranoto MT, Abdul Mutalib Bin Leman dan Darwin Sebayang serta Anis Cherid, SE.,M.TI.

Dalam kesempatan ini UMB mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) kepada Shirley Anugerah Hayati, S.Kom untuk program master di Carnegie Mellon University, Pittsburgh, USA. Sedangkan dana beasiswa juga diberikan dari berbagai lembaga, antara lain Yayasan Supersemar, Beasiswa Bidik Misi DIKTI, beasiswa pendidikan peningkatan prestasi akademik, beasiswa YBJ, beasiswa anak karyawan, beasiswa Prestasi, beasiswa Bidik Misi UMB, beasiswa untuk mahasiswa baru, Periode Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan, dan Beasiswa 4 tahun kuliah. Total penerima 971 mahasiswa.

Pada Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 ini, Universitas Mercu Buana memiliki 2 Program Diploma dan Peminatan Manajemen MICE, 16 Program Sarjana, 6 Program Magister, 1 Program Studi Profesi, 2 Kelas Program Internasional pada Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Ilmu Komputer, ditambah 1 Program Doktor Manajemen. Dan pada hari ini, Universitas Mercu Buana mewisuda 1.262 orang wisudawan yang terdiri dari 88 Magister, 1.171 Sarjana, dan 3 Diploma. (penulis: Fauzi Nur Iman / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id  /    This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

 

 

 

Info Pendaftaran 085100633360

Kampus UMB

Kampus Meruya

  • Jl. Meruya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • T : 021 5840 816 ( Hunting), ext: 2751
  • F : 021 5840 015

Kampus Menteng

  • Jl. Menteng Raya No.29, Jakarta Pusat
  • T : 021 3193 5454
  • F : 021 3193 4474

Kampus Cibubur

  • Jl. Keranggan No.6, Jatisampurna Bekasi
  • T : 021 8449 635

Fakultas

Diploma 3

  • . Fakultas Ekonomi dan Bisnis

     

     

    Profesi 

    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Strata 1

Strata 2

 

 

Top of Page