Mercu Buana University

PENDIDIKAN BERKUALITAS MENDORONG BANGSA SEJAHTERA

  •   Written by admin
  • Category: Berita

 

 

 

Jakarta – Masalah pendidikan di Indonesia memang masih perlu upaya lebih hebat untuk mengurainya. Pemerintah pun tanpa henti melakukan berbagai terobosan kebijakan. Mulai jenjang pendidikan dasar sampai pada pendidikan tinggi.

“Upaya meningkatan kualitas pendidikan selalu berdampak pada tingkat kesejahteraan suatu bangsa. Ini sesuatu yang tak terbantahkan,” tegas Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Ristek Dikti, Prof. Intan Ahmad, Ph.D saat memberikan materi pada Kuliah Umum bertema Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia, ASEAN dan Dunia di kampus Universitas Mercu Buana, Jakarta, Kamis (16/3/17).

Menurutnya korelasi pendidikan berkualitas dengan kesejahteraan bangsa dapat terlihat pada sejumlah data statistik pendidikan. Pada negara maju tingkat perguruan tingginya sangat menonjol. Mulai dari jumlah publikasi ilmiah yang sangat banyak sampai pada jumlah mahasiswanya juga berlimpah.

“Mari kita lihat Cina, jumlah mahasiswanya sangat besar mencapai 38 juta orang. Sedangkan Indonesia hanya 5 juta orang,” tegasnya.

Sedangkan institusi perguruan tingginya, lanjut dia juga memiliki standar tinggi. Bahkan tak sedikit yang sudah mengantongi standar internasional. Sedangkna di Indonesia jumlah perguruan tinggi yang belum terakreditasi saja mencapai 3.363 lembaga. Hanya 1.126 perguruan tinggi terakreditasi.

Menariknya lagi, sambung dia jumlah perguruan tinggi terakreditasi itu hanya 50 lembaga terakreditasi unggulan atau A. Selebihnya 344 lembaga berada pada kategori akreditasi B dan 732 lembaga terakreditasi C.

“Kenyataan ini tentu berbanding terbalik dengan perguruan tinggi di luar negeri. Jadi memang perlu usaha keras dari semua pihak untuk mendorong perguruan tinggi di Indonesia naik kualitasnya,” ucap dihadapan mahasiswa program Doktor Ekonomi UMB.

Paling tidak, kata dia pemerintah mendorong akreditasi perguruan tinggi bisa meningkat bertahap. Ditargetkan tidak ada lagi perguruan tinggi terakreditasi C pada masa mendatang. Makanya yang telah terakreditasi B harus didorong menjadi lembaga terakreditasi A.

Lebih lanjut, Prof. Intan Ahmad mencatat kesejahteraan bangsa juga punya korelasi pada publikasi ilmiah. Pada negara maju publikasi ilmiah bukan hanya jumlahnya banyak, tetapi juga telah menjadi tradisi kalangan akademisi.

“Di Indonesia ini menilai publikasi ilmiah sebagai beban. Hal tersebut saya nilai tidaklah tepat. Publikasi harus diorientasikan sebagai opportunity,” ungkapnya.

Menariknya lagi, sambung dia beberapa negara menjadikan publikasi ilmiah setingkat lebih maju. Yakni menjadikan publikasi ilmiah yang berimplikasi pada roda ekonomi. Hal itu disebut beyond publication.

Rektor UMB, Dr. Arissetyanto Nugroho menambahkan tradisi riset pada perguruan tinggi memang perlu terus didorong. SEbagai bagian dari tradisi akademis yang tak boleh dipisahkan dari pribadi kalangan terdidik.

Selain itu, menurut dia peningkatan skill mahasiswa juga perlu dilakukan. Misalkan kemampuan berbahasa Inggris dan meningkatkan praktik lainnya. Sehingga memiliki daya saing setelah selesai kuliah.

Tentang UMB:

Universitas Mercu Buana merupakan perguruan tinggi yang didirikan pada 22 Oktober 1985 berlokasi di Meruya, Menteng dan Kranggan Bekasi. Kini perguruan tinggi yang didirikan oleh pengusaha nasional H. Probosutedjo terus berkembang pesat. Telah memiliki 6 fakultas, 23 program studi, 5 program pascasarjana dan 1 program Doktor Manajemen.

Atas prestasi yang luar biasa selama berdiri itulah UMB mendapat penghargaan perguruan tinggi unggulan terakreditasi A dari BAN PT tahun 2016. 

(Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat /www.mercubuana.ac.id/ This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

 

 

Info Pendaftaran 085100633360

Kampus UMB

Kampus Meruya

  • Jl. Meruya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • T : 021 5840 816 ( Hunting), ext: 2751
  • F : 021 5840 015

Kampus Menteng

  • Jl. Menteng Raya No.29, Jakarta Pusat
  • T : 021 3193 5454
  • F : 021 3193 4474

Kampus Cibubur

  • Jl. Keranggan No.6, Jatisampurna Bekasi
  • T : 021 8449 635

Fakultas

Diploma 3

  • . Fakultas Ekonomi dan Bisnis

     

     

    Profesi 

    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Strata 1

Strata 2

 

 

Top of Page