Mercu Buana University

INDONESIA JADI PANGSA KONSTRUKSI TERBESAR DI ASIA

  •   Written by admin
  • Category: Berita

Kebijakan pemerintah menggenjot pembangunan infrastruktur, secara lansung mendongkrak posisi Indonesia lebih maju. Tidak hanya pada pergerakan ekonomi yang menujukan tanda positif, tetapi juga kepercayaan investor terhadap perekonomian Indonesia.

Sejumlah data menujukan peningkatan pertumbuhan sector konstruksi terus naik setiap tahun. Pada tahun 2015, pasar kontruksi diperkirakan mencapai Rp 446 triliun. Nilai pasar ini naik 14,3 persen dari 2014 sebesar Rp 390 triliun.

Dari nilai pasar konstruksi tersebut, konstribusi sektor konstruksi PDB tumbuh dari sekitar 7,07 persen di tahun 2009 menjadi 13 persen pada 2014. ‎‎Sebelumnya tahun tahun 2013, pasar konstruksi tumbuh sekitar 29,80 persen dan menjadi Rp 369,94 triliun dari tahun 2012 sebesar Rp 284,99 triliun. 

“Angka itu menunjukan Indonesia naik pada peringkat empat pertumbuhan konstruksi di Asia,” ujar Direktur General Construction Development – PUPR, Ir. Yusid Toyib, M.Eng.Sc dalam acara Workshop Dewan Sengketa Pilihan Penyelesaian Sengketa Konstruksi di kampus UMB, Jakarta, Jumat (10/3/17).

Terkait itulah, sambung dia kesiapan tenaga kerja terampil dalam sector konstruksi perlu menjadi pehatian. Termasuk pula pemahaman para investor dan pekerja konstruksi terhadap sejumlah peluang sengket konstruksi.

Dia menegaskan penyelesaian sengketa konstruksi sejatinya dapat diselesaikan melalui Dewan Sengketa yang juga diamanatkan dalam UU No.2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Tujuannya pihak yang dirugikan dapat mencapai tujuan yang diharapkan secara cepat.

“Dewan sengketa adalah tim yang dibentuk berdasarkan kesepakatan para pihak sejak pengikatan Jasa konstruksi untuk mencegah dan menengahi sengketa,” tuturnya.

Rektor UMB, Dr. Arissetyanto Nugroho menambahkan pertumbuhan konstruksi yang besar perlu diimbangi dengan ketersediaan tenaga terampil. Dalam hal ini Universitas Mercu Buana telah mempersiapkan tenaga terampil bidang konstruksi secara baik.

Dr. Arissetyanto Nugroho berharap workshop ini mampu memberikan pandangan lebih baik kepada para calon insinyur UMB. Sehingga setelah menyelesaikan studi bisa lebih matang. (penulis: Woto / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat /www.mercubuana.ac.id /   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

 

 

 

 dan keynote speaker, Executif Director The Dispute Resolution Board Foundation (Ann McGough), President DRBF Region II Board Of Director (Levent Irmak), Jakarta, Jumat (10/03/2017)

Kenapa di perlukan pelaksanaan kontrak kontuksi yang baik bagi proyek di Indonesia karena permasalahan di dalam proyek khususnya terkait dengan pembayaran dang anti rugi, kebanyakan biaya proyek tidak sesuai dengan perencanaan dan alokasi biaya. Karena Indonesia merupakan pasar kontruksi terbesar di ASEAN

Himpunan Ahli Kontrak Kontruksi Indonesia Sebuah himpunan untuk perlindungan, edukasi dan pembelajaran kontrak konstruksi guna menjembatani dan mengayomi para pelaku kontrak konstruksi. Wadah bagi orang-orang yang mendalami, melakoni dan/ peduli atas hal-hal terkait kontrak konstruksi sehingga mampu melaksanakan hak dan kewajiban sesuai kontra konstruksi untuk menghasilkan konstruksi berkualitas. Ahli kontrak kontruksi Indonesia ini mengajarkan berkontrak kontruksi dengan baik dan mensertifikasinya.

Info Pendaftaran 085100633360

Kampus UMB

Kampus Meruya

  • Jl. Meruya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • T : 021 5840 816 ( Hunting), ext: 2751
  • F : 021 5840 015

Kampus Menteng

  • Jl. Menteng Raya No.29, Jakarta Pusat
  • T : 021 3193 5454
  • F : 021 3193 4474

Kampus Cibubur

  • Jl. Keranggan No.6, Jatisampurna Bekasi
  • T : 021 8449 635

Fakultas

Diploma 3

  • . Fakultas Ekonomi dan Bisnis

     

     

    Profesi 

    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Strata 1

Strata 2

 

 

Top of Page