Mercu Buana University

PERSIAPKAN PERPUSTAKAAN MASA DEPAN

  • Written by admin
  • Category: Berita

Era digital membawa perubahan berbagai hal, mulai dari transportasi sampai administrasi. Begitu juga dengan perpustakaan. Sebagai jantung dari perguruan tinggi berkerwajiban menyediakan sumber belajar yang mudah dan cepat di akses. Agar atmosfir perkuliahan dapat berdetak baik.

 

Melihat perkembangan tersebut, unit perpustakaan Universitas Mercu Buana telah melakukan berbagai persiapan.  Melalui penyediaan data dan dokumen berbasis E-Resources. Karena melalui model E-Resources memberikan kemudahan bagi pengguna perpustakaan untuk mengakses informasi.

 

“Penerepan E-Resources bagi perpustakaan sudah menjadi tuntutan dimasa depan. Maka itu perlu kesiapan matang, mulai infrastruktur sampai pengelolanya,” ujar Direktur Pembelajaran, Dr. Yuli Harwani usai menghadiri sosialisasi E-Resources di Perpustakaan UMB, Jakarta, Kamis (7 Februari 2019).

 

Menurutnya penyiapan E-Resources bukan semata tuntutan. Tetapi merupakan upaya penguatan pembelajaran. Karena dengan fasilitas E-Resources dapat mudah bagi mahasiswa dan dosen mengakses infomrasi, dimana saja dan kapan pun.

 

Pakar E-Resources Kemristek Dikti , Dwi Fajar Saputra S.sos., M.M menyampaikan akses terhadap pengguna perpustakaan harus terus dipermudah. Antara lain menggunakan e-resources. Manfaatnya pun akan sangat banyak bagi pengguna. (penulis: Haman/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

SINERGI PERGURUAN TINGGI DAN MEDIA MASSA

  • Written by admin
  • Category: Berita

Rektor UMB, Prof. Ngadino Surip mengatakan peran perguruan tinggi dan media massa memiliki kesamaan. Kedua lembaga ini punya tanggung jawab mendidik masyarakat untuk bisa lebih baik. Dengan cara yang ditata masing-masing.

“Kalau kampus itu mendidik melalui kurikulum, system perkuliahan, pola pengajaran dan lainnya. Kalau media massa itu mendidik lewat informasi yang cerdas, lengkap dan mencerahkan,” ujar Prof. Ngadino Surip saat melakukan kunjungan ke redaksi Jawa Pos Jakarta, Kamis (7 Februari 2019).

Kesamaan peran ini, menurut Rektor UMB dapat dilakukan secara bersama-sama. Sinergi perguruan tinggi dan media massa melalui penyampaian informasi yang saling menguntungkan. Sekaligus mengedukasi masyarakat dengan hal yang lebih baik.

Tidak hanya itu, era digital yang pesat juga memaksa institusi untuk mengembangkan relasi. Tidak bisa melakukan dengan sendiri-sendiri. Era digital mengajak keterlibatan berbagai elemen untuk meningkatkan produktifitas.

“Era digital itu berhasil memotong waktu, memperkecil biaya dan meningkatkan produktifitas. Semua itu harus dilakukan secara bersama-sama,” ucapnya.

Pimpinan Redaksi Jawa Pos Jakarta, Supriyanto mengakui kerjasama lintas institusi semakin penting. Tidak ada lagi institusi yang bisa hidup sendiri. Mereka harus bergandeng tangan dengan institusi lain.

Media massa pun, menurut dia perlu bergandeng tangan dengan perguruan tinggi. Dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat, agar mampu menghasilkan generasi dan produktifitas bangsa yang lebih baik. (penulis: Haman/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

BERIKAN BANTUAN RP. 32 JUTA UNTUK ANAK YATIM

  • Written by admin
  • Category: Berita

Universitas Mercu Buana, melalui Lazis menyalurkan bantuan sebesar Rp. 32 juta untuk anak yatim. Bantuan tersebut merupakan kumpulan dana yang berasal dari para karyawan dan dosen di lingkungan kampus.

“Bantuan ini bukti kepedulian dan solidaritas karyawan dan dosen terhadap berbagai persoalan di sekitarnya, Bantuan ini pun diharapkan dapat meringkan beban anak-anak,” ujar Wakil Rektor UMB, Dr. Hadri Mulya saat memberikan santunan di kampus UMB, Jakarta, Jumat (1 Februari 2019).

Menurutnya bantuan seperti ini tidak hanya meringkatkan beban penerima bantuan. Tetapi juga menumbuhkan rasa persaudaraan yang lebih dalam. Hal itulah yang membuat penerima bantuan lebih optimis untuk melewati persoalan.

Kegiatan penyaluran bantuan dana ini, diberikan kepada 32 anak dari lingkungan mantan karyawan, dan 3 anak dari mantan dosen Universitas Mercu Buana. Mereka adalah anak-anak yang telah kehilangan orang tua.

“Semoga bantuan dana yang disalurkan ini bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua. Insya Allah program bantuan dana ini akan terlus berlanjut.” tambahnya.

Program penyaluran bantuan dana ini sudah berlangsung sejak 2008. Kegiatan santunan dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Sebagai bantuan pendidikan bagi anak-anak dari mantan karyawan UMB. (penulis: Haman/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

BAGIKAN TEMPAT SAMPAH UNIK BAGI PELAJAR DI SEMARANG

  • Written by admin
  • Category: Berita

Rektor Universitas Mercu Buana, Prof. Dr.  Ngadino Surip mengatakan kerusakan alam ikut memicu terjadinya peristiwa bencana alam, yang dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami peningkatan. Maka upaya merawat lingkungan menjadi bagian dari mencegah terjadi bencana alam.

"Menjaga lingkungan adalah sebagian dari upaya menjaga lingkungan. Hal itu berarti pula mencegah kerusakan alam, " kata Rektor UMB Prof. Ngadino Surip saat menyerahkan tempat sampah di SMP Ibu Kartini dan SD Nasimah dalam rangkaian acara Media Gathering di Semarang,  Sabtu (26 Januari 2019).

Menjaga lingkungan, sambung dia merupakan tanggung jawab semua pihak, tidak terkecuali Perguruan tinggi. Amanah itu harus diimplementasikan dalam program kegiatan. Baik kegiatan yang berkaitan pada perkuliahan maupun non-militer perkuliahan.

Terlebih lagi amanat UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi memberikan kalimat tegas peran Perguruan tinggi, diantaranya pendidikan, penelitian dan pengabdian. Ketiga hal itu kemudian dikenal dengan Tridharma Perguruan Tinggi.

"Sejalan dengan hal itu kegiatan Media Gathering yang merupakan program Biro Sekretariat dan Humas UMB juga harus mengusung Tridharma Perguruan Tinggi, " ujarnya.

Pada tahun ini Media Gathering mengusun tema Green Action Everywhere. Dengan implementasi pemberian tempat sampah unik di sekolah-sekolah. Sedangkan sebelumnya kegiatan Media Gathering juga mengusung kegiatan serupa, seperti penanaman Mangrove di Lampung,  penanaman pohon di lereng Merapi,  Jogjakarta dan berbagai tempat lainnya.

Sedangkan keunikan tempat sampah ini terletak pada pesan-pesan jenaka dalam konsep pantun. Antara lain; Kacang Gurih, Daun Lontar. Sekolah Bersih, Muridnya Pintar. Hal itu diharapkan mampu memberikan edukasi tentang perlunya menjaga lingkungan sekitar. Sekaligus menyediakan sarana yang mendukung kegiatan mencintai lingkungan. (penulis: Citra Sentosa/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

CAMPUS TALK UMB 10 WASPADAI GEJALA GAMING DISORDER

  • Written by admin
  • Category: Berita

 

Perkembangan dunia digital yang sangat pesat mengubah ragam pola pikir dan gaya hidup manusia. Mulai dari hal kecil seperti mencari informasi hingga menjadi tempat untuk berbisnis. Semua dapat dilakukan melalui sebuah perangkat digital.

 

Teknologi permainan digital merupakan salah satu yang patut dikhawatirkan. Pasalnya tidak sedikit generasi muda yang masuk dalma kategori kecanduan permainan games digital. Dampaknya sangat berpengaruh bagi perkembangan mental.

 

“Lebih dari 10 jam bermain games digital sudah dapat disebut kecanduan. Ini fenomena yang berbahaya dan marak dikalangan generasi muda,” kata Psikolog UMB, Dra. Tika Bisono, M.Psi dalam acara Campus Talk bertema Games Digital dan Dampaknya di SMK Media Informatika, Jakarta, Kamis (17 Januari 2019).

 

Tentu saja, lanjut Tika Bisono dampak kecanduan games digital akan berpengaruh secara psikologis. Mulai dari hilangnya kemampuan konsentrasi, sulit mengendalikan emosi, tidak mampu berinterkasi sosial sampai pada dampak yang lebih serius.

 

Praktisi Games Development, Ivan Sanjaya mengatakan perkembangan games dimasa mendatang memang semakin menarik. Namun perlu diarahkan pada upaya menciptakan games yang bermanfaat. Tidak sebatas menjadi hiburan dan menimbulkan dampak psikologi lain.

 

“Games bisa pula menjadi sarana edukasi. Makanya kita ingin pembuat games mengarah pada tujuan itu,” pungkasnya.

 

Diskusi Campus Talk X ini mendapat antusias dari peserta. Hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang melontarkan pertanyaan kepada pembicara. Bahkan peserta pun berkomitmen menciptakan games digital yang berorientasi pendidikan. (penulis: Haman/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

               

               

TIGA TAHAPAN MENUJU KAMPUS BERKELAS INTERNASIONAL

  • Written by admin
  • Category: Berita

Perjalanan Universitas Mercu Buana menjadi universitas bertaraf internasional, bukan jalan pintas. Perlu proses berkelanjutan dan terus menerus. Hal tersebut ditunjang kemampuan Universitas Mercu Buana dalam menghasilkan karya-karya intelektual sampai pada peningkatan fasilitas yang berorientasi industry.

“Untuk itu dibutuhkan sejumlah langkah kongkrit mencapai akreditasi internasional. Dengan membagi pada tiga tahapan, hingga tahun 2022 dapat terwujud,” kata Rektor UMB, Prof. Dr, Ngadino Surip Diposumarto MS saat memberikan Arahan Awal Tahun 2019 di kampus UMB, Jakarta, Jumat (4 Januari 2019)

Adapaun ketiga tahapan tersebut adalah Pertama, pemantapan tahap awal yang berdurasi satu tahun. Kedua pemantapan tahap menengah yang berdurasi satu tahun dan ketiga pemantapan tahap akhir yang berdurasi dua tahun. Pada pemantapan tahap awal ini dijabarkan dalam 13 program yang akan berkaitan dengan tahap berikutnya.

“Pada tahapan pemantapan awal ini terdapat beberapa langkah, antar lain menerapkan kurikulum  berdasarkan Outcome Based Education, yang memasukkan perkembangan teknologi pada revolusi industry 4.0,” ujarnya.

Selain itu pula, sambung Rektor UMB juga dilakukan pembaharuan tampilan website UMB. Dengan menawarkan tampilan yang segar, milenial dan komunikatif. Sehingga mampu menjembatani kebutuhan masyarakat untuk mengetahui lebih banyak tentang UMB. (penulis: Citra Sentosa/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

FASILKOM UMB GALI PELUANG REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • Written by admin
  • Category: Berita

Berbagai upaya untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas terus dilakukan Universitas Mercu Buana. Salah satunya, Kuliah Umum Fakultas Ilmu Komputer mengundang tokoh yang dianggap mampu memberikan informasi tentang situasi lapangan kerja yakni Rektor Universitas Triologi, Prof. Marsudi  dan GM Customer Care & TDS Wst Java PT.Charoen Pokhand Indonesia, Drh. Haman Wahyu Triwibowo bertempat di Auditorium Tower Lantai 7 UMB Kampus Meruya (Rabu, 19 Desember 2018)

Dalam pemaparan materinya Prof Marsudi mengungkapkan REVOLUSI industri 4.0 di satu sisi telah menghilangkan pekerjaan namun sisi lain menghasilkan pekerjaan yang baru, bahkan beberapa perusahaan Internasional mengalami kebangkrutan, ini menjadi peluang bagi mahasiswa teknik informasi dan sistem informasi dalam menghasilkan.

“Di era digital saat ini semuanya berada dalam ketiakpastian atau sering di sebut VUCA akronim dari Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity” jelasnya.

Menurutnya, Era digital saat ini menjadi keuntungan bagi mahasiswa teknik Informasi atau sistem Informasi karena di tangan kalian lah yang memegang sistem informasi, tinggal bagaimana sistem yang di buat bisa memiliki nilai ekonomi atau bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, tutur Prof Marsudi dalam seminar Kuliah Umum Teknik Informasi dan sistem informasi “Teknologi Informasi Untuk Menghadapi Era Industri 4.0”.

Sementara itu Kepala Jurusan Teknik Informasi Universitas Mercu Buana Desi Ramayanti, S.Kom, MT mengatakan kegiatan kuliah umum ini untuk emmberikan penegtahuan dan pengalaman yang berbeda di luar kelas, karena pembicara dari kalangan praktisi

Dengan tema “Teknologi Informasi Untuk Menghadapi Era Industri 4.0”. ini merupakan keuntungan bagi mahasiswa teknik atau sistem Informasi dalam mncari kerja dan membuka lapangan kerja, tinggal bagaimana kompetensi dalam melihat peluang di lingkunganya. Di Universitas mercu buana sendiri, lanjut Desi setiap mahasiswa teknik Informasi dan sistem Informasi harus memiliki projek atau karya dan setiap semesternya hasil karya mahasiswa tidak hanya di pamerkan namun diikut lombakan baik tingkat nasional maupun internasional.

Bukan cuma seminar yang diselenggarakan fakultas ilmu komputer. Ada juga berbagai pameran untuk memperlihatkan karya mahasiswa. Selain itu, beberapa lomba yang bisa diikuti seluruh mahasiswa di Indonesia. ’’Itu untuk memotivasi mereka supaya mau terus berkarya dan siap bersaing untuk terjun ke dunia kerja. Atau siap menempuh pendidikan yang lebih tinggi,’’ katanya.

“Setiap tahunnya Fakultas Ilmu Komputer universitas Mercu Buana dapat menghasilkan 170 karya, baik berbentuk website, aplikasi, atau produk lannya dan beberapa di antaranya telah di gunakan masyarakat bahkan beberapa hasil karya mahasiswa mercu buana telah di beli Industri, tutupnya.

 

Kaprodi Sistem Informasi Universitas Mercu Buana (UMB) Handrie Noprisson menjelaskan, UMB memiliki beberapa kegiatan rutin untuk memberikan informasi kepada mahasiswa terkait lapangan kerja sesuai dengan jurusan masing-masing. Beberapa dosen dan rektor universitas lain diundang untuk memberikan informasi tersebut.

’’Kita tahu bahwa informasi setiap pengajar berbeda. Supaya mahasiswa mendapatkan informasi yang lebih beragam, kami mengundang pengajar dan tokoh-tokoh lain. Supaya ada informasi lain, nggak cuma di dalam kelas,’’ kata Handrie.

Dia menambahkan, melalui seminar itu, hubungan baik dengan universitas lain juga bisa terjalin. Dengan begitu, ke depan, UMB dan universitas lain bisa saling bertukar informasi demi melahirkan lulusan terbaik. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat /www.mercubuana.ac.id /      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  )

UMB Berikan Bantuan Pengungsi Tsunami Selat Sunda

  • Written by admin
  • Category: Berita

Tsunami yang menerjang pantai disekitar Selat Sunda pada hari Sabtu 22 Desember telah menimbulkan korban dan kerusakan di lima kabupaten di Banten dan Lampung, yaitu Pandeglang, Serang, di pantai selatan Provinsi Lampung meliputi Kabupaten Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran. Jumlah korban dan daerah yang terdampak paling parah kerusakannya adalah pesisir di Kabupaten Pandeglang.

Segenap jajaran Civitas Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta, ikut serta memberikan bantuan kepada para pengungsi tsunami di Selat Sunda yang terjadi 22 Desember 2018 lalu. Bentuk kepedulian yang diberikan berupa kegiatan kemanusiaan, dengan menyalurkan bantuan langsung berupa bahan pangan dan pakaian, selimut serta kebutuhan bayi.

“Ini merupakan bentuk kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi dalam bidang pengabdian masyarakat. Bantuan ini tentu saja bertujuan untuk meringankan beban para pengungsi, yang saat ini masih berada di tenda-tenda pengungsian,” disampaikan Ketua UMB Peduli, Dr Yuli Harwani.

Konvoi bantuan dilepas oleh Direktur Sumber Daya UMB Dr Augustina Kurniasih, di Jakarta, Kamis 27 Desember 2018. Bantuan kemanusiaan ini merupakan hasil dari kerjasama seluruh civitas UMB, Yayasan, dan DKM Manarul ‘Amal UMB. Seluruh bantuan dibawa dan diberikan langsung oleh Karo SDM Junaedi didampingi Karo MGS Trival Apriadi, Pengurus DKM Dr Achmad Jamil dan Dr Mujiono. Bantuan disalurkan ke posko-posko yang berada di daerah  Pandeglang, Banten.

Abdul Latif, Komandan Posko BNPB Sumur yang menerima dan menyalurkan bantuan dari UMB menyatakan terima kasih atas perhatian dunia kampus dalam membantu saudara-saudara sebangsa yang sedang mendapat musibah. Daerah Sumur dapat dikatakan yang terparah terkena dampak tsunami. Untuk menuju ke posko-posko di kawasan ini harus melalui jalan yang rusak.

Bantuan diberikan juga ke Posko relawan LLDikti, Wilayah III di SMKN 3 Pandeglang. Kordinator Posko, Imam Yuwono menyatakan rasa terima kasih atas perhatian dunia kampus di Jakarta, yang datang ke Banten sebagai bentuk solidaritas, silaturahmi dan semangat berbagi.

Salah seorang pengungsi, Asman, 51 tahun  warga Sumur menceritakan pada saat peristiwa tsunami rumah yang tempat tinggalnya roboh dihantam air laut  melukai istrinya Sarnah 43 dan adik perempuannya Siti 35, Bantuan yang datang menurutnya dapat mengurangi bebannya karena seluruh harta benda berikut rumahnya habis disapu tsunami.

Data jumlah korban meninggal dan luka-luka dari masing –masing posko tanggap darurat dari ke 5 kabupaten tersebut dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Total 426 orang meninggal dunia. Sementara total korban luka-luka mencapai 7.202 orang. Sebanyak 23 orang hilang dan jumlah pengungsi 40.386 mengungsi. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat /www.mercubuana.ac.id /      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  )

Info Pendaftaran 085100633360

Kampus UMB

Kampus Meruya

  • Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat
  • T : 021 5840 816 ( Hunting), ext: 2751
  • F : 021 5840 015

Kampus Menteng

  • Jl. Menteng Raya No.29, Jakarta Pusat
  • T : 021 3193 5454
  • F : 021 3193 4474

Kampus Cibubur

  • Jl. Keranggan No.6, Jatisampurna Bekasi
  • T : 021 8449 635

Fakultas

Diploma 3

  • . Fakultas Ekonomi dan Bisnis

     

     

    Profesi 

    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Strata 1

Strata 2

 

 

Top of Page