Mercu Buana University

SEMANGAT HARTEKNAS MEMAJUKAN KESEJAHTERAAN, MENJAGA KEDAULATAN

  • Written by admin
  • Category: Berita

Pada 10 Agustus nanti, peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional kembali dirayakan. Momentum itu patut dioptimalkan melalui tumbuhnya kesadaran pemanfaatan teknologi dalam negeri. Sekaligus mendorong tranformasi teknologi luar, menjadi teknologi dalam negeri.

“Dari sinilah peran teknologi dalam negeri dapat menjadi motor kesejahteraan. Tidak lagi bergantung pada teknologi import,” ujar Rektor UMB, Dr. Arissetyanto Nugroho, MM, IPU, CMA, MSS saat menghadiri pelantikan 1.246 wisudawan UMB di ICE, Serpong, Rabu 18 Juli 2018.

Ketergantungan Indonesia pada teknologi import terlihat dari sejumlah data. Global Innovation Index 2017 menempatkan Indonesia masih berada pada ranking 87 dari 128 negara dalam pengembangan inovasi. Kemampuan Indonesia dalam mengembangkan inovasi itu masih rendah dibandingkan Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina. Bahkan posisi Indonesia masih lebih rendah dari negara Bosnia and Herzegovina yang menjadi negara nyaris hancur oleh konflik militer.

Sedangkan data BPS tahun 2000 – 2016 tentang Import Mesin bagi Industri dalam negeri masih menujukan ketergantungan pada teknologi luar negeri, meskipun data tersebut relatif fluktuatif dari tahun ke tahun. Pada 2016 tercatat nilai import mesin bagi industry dalam negeri mencapai 3,4 Miliar USD dengan sejumlah negara mendominasi sebagai importir dalam negeri, yaitu Jepang dan Tiongkok. Bahkan tidak sedikit pula import mesin dari negara Thailand.

“Ketergantungan pada import mesin bagi kepentingan Industri dalam negeri memberikan pesan penguasaan teknologi yang berkaitan pada kepentingan industry masih memprihatinkan,” pungkasnya.

Momentum Hari Kebangkitan Teknologi Nasional tahun ini harus lebih bermakna melalui penyadaran bersama tentang arti penting pemanfaatan teknologi bagi kemajuan bangsa. Hal itu juga berarti semangat memperkuat basis riset yang berkorelasi pada temuan baru, serta penciptaan berbagai alat kerja terbaru yang semuanya mendukung pada penguasaan teknologi untuk industri. (penulis: Citra Sentosa/ editor: Riko Noviantoro/ Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

HAPUS DIKRIMINASI PERGURUAN TINGGI SWASTA DAN NEGERI

  • Written by admin
  • Category: Berita

Peran perguruan tinggi apapun, baik swasta atau pun negeri sejatinya untuk tujuan sama, yakni mencerdaskan generasi. Namun pada prakteknya terdapat perlakuan yang tidak setara antara perguruan tinggi swasta (PTS) dan perguruan tinggi negeri (PTN).

“Perlakuan yang tidak setara antara PTS dan PTN itu harus segera dihapuskan. Perlakuan yang tak setara menimbulkan ekses buruk jangka panjang,” kata Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Pusat, Dr. Ir. M Budi Djatmiko, M.Si, MEI saat menghadiri Halal Bi Halal Perguruan Tinggi Swasta di kampus UMB, Jakarta, Selasa, 10 Juli 2018.

Sikap pemerintah, menurut dia terlihat condong pada perguruan tinggi negeri. Sedangkan perguruan tinggi swasta tidak terlalu menjadi perhatian pemerintah. Padahal penyebaran PTS sesungguhnya lebih luas dan melayani anak bangsa lebih banyak dari perguruan tinggi negeri.

Dari sisi itu saja, lanjut Ketua APTISI Pusat sudah sepatutnya ada perlakuan yang setara antar PTS dan PTN. Tidak lagi hanya fokus pada PTN yang selama ini sudah berjalan lebih maju. Meski ada pula sebenarnya PTS yang lebih baik dari PTN.

“PTS dan PTN bukan lah saling bertentangan atau berkompetisi. Kedua nya punya tujuan sama. Maka pemerintah seharusnya juga memberikan perhatian yang sama,” imbuhnya dihadapan ratusan perwakilan APTISI . (penulis: Amukti Sadat Jati/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

GENERASI MILENIAL HARUS MELEK LITERASI FINANSIAL

  • Written by admin
  • Category: Berita

Identitas generasi millennial yang ditandai penguasaan pada teknologi digital, sepatutnya tidak menjadi sia-sia. Apalagi jika generasi millennial tersebut hanya menghabiskan waktu untuk menjadi konsumen teknologi digital semata, akan semakin kehilangan peran dan manfaatnya.

“Ini momentum bagi generasi milenial untuk memiliki peluang ekonomi lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya,” kata Dekan FEB, Dr. Harnovinsyah dalam acara Campus Talk bertema Cerdas Literasi Finansial, Sukses Generasi Milenial di kampus UMB, Jakarta, Jumat, 29 Juni 2018.

Menurutnya era digital ini membuka semua orang untuk mudah memahami peluang investasi. Berbagai informasi tentang investasi dan jenisnya dapat mudah dipahami. Tetapi tetap harus mengerti secara mencukup tentang berbagai hal terkait finansial.

Dari situlah, lanjut dia perlu generasi milenial untuk melek literasi finansial. Tidak lagi memahmi investasi sebagai tabungan di lembaga keuangan saja, seperti Bank. Ternyata banyak bentuk investasi yang lebih menjanjikan dan memiliki kelebihan dari sebatas menabung di Bank.

Head of Marketing Online Trading MNC Sekuritas, Thomas Darmawan menegaskan berinvestasi saat ini semakin mudah. Terlebih dengan dukungan teknologi digital yang membuat arus informasi semakin baik. Hal tersebut menjadi kunci bagi keberhasilan memilih investasi yang tepat.

“Dari informasi yang memadai itulah informasi tentang jenis investasi semakin mudah. Salah satunya adalah membeli saham,” imbuhnya. (penulis: Fauzi Nur Iman/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

RAMADHAN ITU MOMENTUM MENATA KEADABAN DIRI

  • Written by admin
  • Category: Berita

Berpuasa pada bulan Ramadhan tidak semata-mata wujud kepatuhan pribadi muslim kepada perintah Allah SWT. Puasa merupakan sarana pendidikan, pembelajaran atau pelatihan diri untuk menjadi lebih beradab, lebih berkarya dan memiliki orientasi hidup yang kuat.

“Pada nilai itulah kadang muslim lalai untuk memahami. Puasa hanya dianggap sebagai ritual ibadah semata. Bukan sebagai proses menata keadaban diri yang lebih baik,” ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr. Haedar Nashir saat memberikan Tausyiah dalam acara buka puasa bersama Program Pascasarjana UMB di kampus UMB, Kamis (31 Mei 2018).

Puasa Ramadhan, lanjut dia merupakan sarana pembelajaran individual bagi setiap muslim untuk menata kembali dirinya. Bagaikan mesin produksi yang coba direset ulang untuk dapat melahirkan akurasi dan presisi produk, hingga nanti kualitas produknya menjadi terjaga.

Dalam konteks kekinian, menurut Haedar Nasir aktifitas puasa bisa menjadi jalan menumbuhkan keadaban diri yang lebih baik. Karena saat ini keadaban diri dan keadaban publik mengalami kekacauan yang luar biasa.

“Tidak ada lagi kontrol diri yang sebetulnya perlu dalam semua kesempatan. Hilangnya kontrol diri mengakibatkan perilaku beradab pun hilang,” paparnya.

Dengan demikian, dia berharap kesempatan selama Ramadhan tidak hanya dilihat sebagai upaya meningkatkan amal ibadah semata. Tetapi juga merupakan tujuan meningkatkan ahlak manusi, sebagaimana tujuan Islam itu hadir. (penulis: Fauzi Nur Iman / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

PAKAR IT IBM BERBAGI ILMU DI UMB

  • Written by admin
  • Category: Berita

Kemajuan ilmu komputer relative cepat. Pemanfaatannya pun telah merambah pada semua segi kehidupan, baik bersifat publik maupun personal. Bahkan teknologi komputer telah menjadi kebutuhan dalam mengambil keputusan.

Kenyataan tersebut membutuhkan pengetahuan yang memadai. Tidak hanya pengetahuan yang didapat melalui tata perkuliahan dan pembelajaran, tetapi juga pengalaman para praktisi komputer dalam menyikapi berbagai perubahan tersebut.

“Maka pada kesempatan inilah Fakultas Ilmu Komputer UMB menyelenggarkan seminar yang menghadirkan pakar IT dari berbagai negara,” ujar  Wakil Dekan Fasilkom, Dr. Ida Nurhaida, MT disela kegiatan Internasional Workshop and General Lecture  bertema State of the Art of IT Development di kampus UMB, Jakarta, Sabtu (26 Mei 2018).

Dijelaskannya rangkaian kegiatan ini berupa satu kegiatan workshop dan dua kegiatan kuliah umum dalam bentuk paralel session. Pada kegiatan ini Fasilkom UMB bermitra dengan IBM - Corporate Service Corps (IBM–CSC) yang didukung oleh Pyxera Global dan Yayasan Pengembangan Kapasitas dan Akses (Penta).

IBM - Corporate Service Corps (IBM–CSC) merupakan program konsultansi yang dilakukan oleh staff IBM dari seluruh dunia yang mempunyai kualifikasi yang tinggi dan siap untuk membagikan keahlian mereka dalam bidang Ilmu Komputer. Bertujuan memperluas wawasan pengetahuan internasional kepada mahasiswa dan dosen di Bidang Ilmu Komputer yang dikemas dalam bentuk paralel session.

“Adapun topic diskusi antara lain Design Thinking, Software Engineering, Agile, Career in IT, Project Management Tools, dan Chatbots. Materi-materi tersebut disampaikan oleh 15 orang narasumber professional IT yang merupakan perwakilan IBM-CSC dari 8 negara,” ujar Dr. Ida Nurhaida yang juga Ketua Pelaksana acara.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini maka diharapkan menjadi satu langkah dan strategi bagi Fakultas Ilmu Komputer, UMB untuk menjalin kerjasama dengan industri internasional sesuai dengan kompetensi bidang Ilmu Komputer. Disamping itu, penyelenggaraan  International Workshop and General Lecture ini dapat menambah bekal mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UMB untuk bersaing dalam industri global berskala internasional. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

17 PEJABAT BARU MEMPERKUAT KINERJA KAMPUS

  • Written by admin
  • Category: Berita

Dalam upaya meningkatkan kinerja kampus, penguatan struktur pejabatnya menjadi bagian formula penting. Keterlibatan pejabat kampus yang memiliki produktifitas tinggi dan penuh gagasan dapat menjadi jalan mencapai kinerja kampus yang meningkat.

“Hari ini saya lantik 17 pejabat baru di lingkungan Universitas Mercu Buana. Tentu hadirnya pejabat baru harus mampu berikan terobosan bagi peningkatan kinerja kampus,” tegas Rektor UMB, Dr. Arissetyanto Nugroho, MM.,IPU di kampus UMB, Jakarta, Rabu (23 Mei 2018).

Kehadiran pejabat baru, menurut dia merupakan energy baru bagi organisasi. Dengan hadirnya pejabat baru tentu berbagai perubahan bisa terwujud. Sekaligus program kerja yang sudah tersusun bisa direalisasikan secara cepat.

Menurutnya organisasi manapun selalu butuh perubahan. Arah perubahan itu sudah ditetapkan, selanjutnya pelaku perubahaan yang perlu disiapkan. Terkait itulah pelantikan pejabat baru merupakan bagian dari tujuan mencapai arah perubahaan.

“Dengan demikian saya berharap bekerjalah secara maksimal. Pegang teguh visi dan misi UMB serta budaya kerja yang sudah terbangun. Selamat bekerja,” tutur Rektor.

Adapun pejabat yang dilantik dari berbagai tingkatan. Mulai dari Wakil Dekan, Kepala Program Studi, Kepala Perpustakaan, Kepala Laboratorium sampai Kepala Bagian. (penulis: Citra Sentosa/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

REKTOR SERAHKAN SANTUNAN BAGI 401 ANAK YATIM

  • Written by admin
  • Category: Berita

Rektor UMB, Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM.,IPU menyerahkan santunan bagi 401 anak yatim dan dhuafa di sekitar Universitas Mercu Buana. Santunan tersebut diserahkan secara simbolis kepada 10 perwakilan anak yatim dan dhufa.

“Melalui santunan ini memberi bukti UMB hadir sebagai pemberi solusi bagi lingkungan sekitarnya. Semoga santunan ini bermanfaat dan berguna bagi penerimanya,” ujar Rektor UMB, Dr. Arissetyanto Nugroho saat memberikan santunan di Masjid Manarul Amal UMB, Jakarta, Rabu (23 Mei 2018).

Menurutnya program Santunan Ramadhan sudah berlangsung cukup lama. Lebih dari 11 tahun program ini terwujud. Bahkan konsisten membidik kelompok anak-anak yang tidak mampu untuk menikmati program santunan.

Adapun materi santunan, sambung dia berupa uang tunai, pakainan dan makanan. Santunan ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa bahagia dihati anak-anak tidak mampu. Sekaligus mendekatkan UMB dengan masyarakat sekitarnya. (penulis: Citra Sentosa/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

PT. AHM DUKUNG GENI BIRU DALAM KOMPETISI MOBIL HYBRID

  • Written by admin
  • Category: Berita

Kehadiran tim Geni Biru dalam kompetisi Kontes Mobil Hemat Energy (KMHE) 2018, mendapat dukungan perusahaan otomotif terbesar di Indonesia. Dukungan perusahaan raksasa itu diwujudkan melalui sumbangan motor skutik.

“Sumbangan motor itu dari PT. Astra Honda Motor (AHM) yang merupakan wujud kepedulian PT. AHM pada prestasi tim Geni Biru UMB,” kata Dekan FT. Danto Sukmajati, Ph.D usai menerima sumbangan motor dari PT. AHM di Jakarta, Senin (21 Mei 2018).

Atas sumbangan itu, lanjut dia memberikan semangat bagi tim Geni Biru yang akan berlaga pada KMHE 2018. Setidaknya kesiapan tim Geni Biru untuk menghadirkan mobil hybrid yang berkualitas lebih mudah terwujud.

Kompetisi KMHE ini, sambung dia bukan lah pertama kali diikuti tim Geni Biru UMB. Pada tahun lalu juga mengikuti kompetisi serupa. Meski belum berhasil meraih posisi terbaik pada tahun itu.

“Semoga pada tahun ini tim Geni Biru bisa meraih posisi terbaik. Bahkan bisa pula masuk dalam kompetisi serupa yang lebih tinggi lagi tingkatnya,” ucap Dekan FT penuh harap.

Pada kompetisi tahun ini, tim Geni Biru mengusung kendaraan hybrid bertema Car Urban. Sejumlah kesiapan untuk merealisasikan konsep Car Urban kian dimatangkan. Mulai dari desain, struktur bahan, dan sebagainya. (penulis: Amirullah/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

Info Pendaftaran 085100633360

Kampus UMB

Kampus Meruya

  • Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat
  • T : 021 5840 816 ( Hunting), ext: 2751
  • F : 021 5840 015

Kampus Menteng

  • Jl. Menteng Raya No.29, Jakarta Pusat
  • T : 021 3193 5454
  • F : 021 3193 4474

Kampus Cibubur

  • Jl. Keranggan No.6, Jatisampurna Bekasi
  • T : 021 8449 635

Fakultas

Diploma 3

  • . Fakultas Ekonomi dan Bisnis

     

     

    Profesi 

    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Strata 1

Strata 2

 

 

Top of Page