Mercu Buana University

KETIKA ANGKASAWAN MILENIAL BERTEMU

  • Written by admin
  • Category: Berita

Era digital ternyata menjadi kekuatan bagi para penyiar radio milenial untuk lebih berperan. Hal itu terbukti saat para angkasawan itu mengikuti Lomba Radio. Kompetisi para angkawasan kampus ini bertemakan “Colosseum”.

“Ini jadi tempat bagi penyiar radio kampus untuk mengasah dan mengembangkan kemampuannya,” ujar Ketua Pelaksana lomba Radio, Sahru Ardiansyah di kampus UMB, Jakarta, Kamis (14 Maret 2019).

Lebih lanjut Sahru mengatakan kegiatan ini juga sebagai tempat silatuhrami antar penyiar. Tempat untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan membangun program siaran. Agar mampu menyajikan program yang unggul bagi pendengar.

Dia menyebutkan jumlah peserta lomba ini cukup banyak. Berasal dari berbagai kampus di Jabodetabek. Mereka adalah mahasiswa yang bergiat dalam radio-radio kampus.

“Alhamdulillah dalam acara ini kami minim dalam hal hambatan, mungkin hanya sedikit dari internalnya saja yang masih kurang dalam komunikasi,” ujar Sahru. (penulis: Sri Dewi Nur Pasha / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat /  www.mercubuana.ac.id / email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

Masa Bimbingan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019

  • Written by admin
  • Category: Berita

Bertempat di Aula Kampus Jatisampurna dilaksanakan kegiatan Masa Bimbingan Mahasiswa Baru (MABIM)2. Diikuti oleh 695 mahasiswa dari seluruh program studi yang terbagi menjadi 2 sesi ini, bertema Pengembangan Keprofesian Mahasiswa dan Satuan Kredit Prestasi (SKP)

Prof. Masydzulhak, selaku Direktur Operasional Kampus Jatisampurna mengawali sambutan pada acara tersebut, dilanjutkan sambutan Direktur Kemahasiswaan yang diwakili oleh Kepala Biro Pembinaan Karakter dan Penalaran Mahasiswa, Ir. Atep Afia Hidayat, MP.
Dalam sambutannya, Prof. Masydzulhak menyampaikan bahwa mahasiswa saat ini dituntut untuk bisa menjadi mahasiswa yang paham teknologi agar mampu bersaing dengan jutaan mahasiswa yang ada di Indonesia.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Asesor Kompetensi LSP P1 Universitas Mercu Buana, Dewi Sad Tanti, M.Ikom sebagai narasumber pertama dalam acara MABIM tersebut. “Universitas Mercu Buana akan membantu mahasiswa dalam mempersiapkan manusia yang profesional, yaitu dengan berbagai kegiatan softskill dan hardskill, termasuk kompetensi sampai pada sertifikasi profesi”, ujarnya.

Pada MABIM kali ini, mahasiswa juga mendapatkan materi tentang Satuan Kredit Prestasi (SKP) yang diberikan oleh Kepala Bagian Administrasi Pembinaan Karakter Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan, Kasiyo. SE. Selain itu, mahasiswa juga diajak mengenal dunia kampus yang berisikan pengenalan program studi dan program pendidikan berdasarkan sistem pendidikan tinggi. (Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id /  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

ENGLISH CLUB MERCU BUANA MENGADAKAN DEBATE COMPETITION KEDUA KALINYA

  • Written by admin
  • Category: Berita

Unit Kegiatan Mahasiswa Mercu Buana English Club menyelenggarakan English Debate Competition dengan tema “Voices of Change” event ini merupakan kompetisi internal Universitas Mercu Buana Jatisampurna yang bertujuan untuk mengasah skill dalam menyampaikan pendapat dengan membangun argumen yang kuat menggunakan bahasa inggris serta sebagai sarana dalam mempromosikan exsictence English Club di antara fakultas - fakultas lainnya.

Kompetisi ini diikuti oleh 8 tim perwakilan mahasiswa dari masing - masing program studi seperti Sistem Informasi, Public Relation, Psikologi, Desain Komunikasi Visual, Sistem Informasi, dan Teknik Informasi.

Pembukaan Lomba dihadiri oleh beberapa pimpinan Universitas Mercu Buana seperti Kepala Biro Pembelajaran, Kepala Biro Kemahasiswaan, Kepala Biro Hubungan Masyarakat serta Kepala Administrasi Umum. Acara ini resmi dibuka oleh Ketua Pelaksana.

Lomba ini diawali dengan opening debate session dimana peserta lomba diharuskan untuk memilih motion debate sesuai dengan tema yang telah ditentukan untuk kemudian disampaikan oleh opposite maupun government team dalam preliminary round yang terdiri dari 4 match. Setiap tim sangat antusias dan bersemangat dalam beradu argumen sehingga membuat seluruh adjudicator sangat menyimak argumen setiap tim dan memberikan penilaian untuk diseleksi pada babak selanjutnya yaitu semi final. Tim yang berhasil melangkah ke babak semi final Psikologi ‘17, Psikologi ‘18, Sistem Informasi ‘17 dan Public Relation ‘17.

Rangkaian acara ini ditutup dengan pengumuman 1st Winner yang diraih oleh tim Public Relation ‘17 (Adinda Salsabil, Nadhifah Putri, Reggiani Violanda) beserta tim Psikologi ‘18 (Nurul Aliya, Nadinra Akhila, Pandu Rizky) sebagai Runner Up pada english debate competition kali ini. (Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

GELAR TEMU INDUSTRIAWAN, AKADEMISI DAN BIROKRAT

  • Written by admin
  • Category: Berita

Era industry 4.0 merupakan tantangan bagi semua pihak. Tidak terkecuali perguruan tinggi yang harus lebih mampu beradaptasi dengan kebutuhan indutri 4.0. Agar mampu menghasilkan tenaga terdidik yang mampu menjawab tantangan.

 

“Melalui seminar inilah kalangan industry, akademisi dan birokrat bertemu untuk melihat tantangan dan menemukan jawaban,” kata Wakil Rektor UMB, Dr. Hadri Mulya dalam seminar bertema Challenges and Oppurtunities of Industry 4.0 di kampus UMB, Jakarta, Kamis (14 Maret 2019).

 

Menurutnya sinergi kalangan industriawan, akadmisi dan birokrat akan menemukan solusi yang efektif bagi masa depan. Sekaligus mampu menjadi informasi dan masukan berarti bagi perguruan tinggi dalam memformulasikan kurikulum yang dapat menjawab kebutuhan industry.

 

Direktur Pemasaran UMB, Dr. Irmulansati menambahkan kegiatan ini diinisiasi Direktorat Pemasaran sebagai upaya mendekatan kalangan industriawan, birokrat dan masyarakat dengan perguruan tinggi. Sambil pula menghadirkan solusi dan peluang bagi industriawan untuk terlibat aktif dalam dunia pendidikan.

 

“Melalui temu industriawan, akademisi dan birokrat ini sebagai tanda industriawan bisa terlibat aktif dalam perguruan tinggi, baik sebagai mahasiswa program pascasarjana maupun sebagai praktisi dan tenaga pendidik,” imbuhnya.

 

Dalam seminar yang dipandu Dosen FEB UMB, Dr.Rina Astini terungkap berbagai pandangan. Industry 4.0 tidak hanya membutuhkan pengetahuan dan keterampilan memadai, tetapi juga kemampuan personal untuk membangun jaringan social. (penulis: sri dewi nur pasha / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

BENDUNGAN AIR HARUS SERTIFIKASI ULANG SETIAP LIMA TAHUN

  • Written by admin
  • Category: Berita

Peran bendungan air sangat strategis. Bukan saja untuk ketersedian pasokan air dan kebutuhan pertanian. Bendungan juga memiliki fungsi ketersediaan energi dan menjaga ekosistem wilayah daratan.

“Untuk menjalankan semua fungsi tersebut, maka bendungan perlu terjaga kondisinya. Maka diperlukan sertifikasi fisik bedungan setiap lima tahunan,” kata Ahli bendungan, Dr. Aries Firman dalam seminar nasional Dampak Pembanguna Bendungan Terhadap Ketahahan Air, Pangan dan Energi di kampus UMB, Jakarta, Sabtu (16 Maret 2019).

Menurutnya sertifikasi bendungan merupakan prosedural yang tidak boleh diabaikan. Sertifikasi bendungan menjadi tahapan untuk memastikan kondisi bendungan selalu prima. Mampu menjalankan fungsinya secara lebih baik.

Tentu saja, lanjut dia sertifikasi bendungan itu kompleks. Mulai dari sertifikasi desain sebagai tahap awal sebelum melakukan pembangunan bendungan, sampai pada sertifikasi konstruksi dan seterusnya.

“Sebab, bendungan merupakan pekerjaan konstruksi yang kompleks pelaksanaannya dan membutuhkan teknologi tinggi juga risiko tinggi termasuk risiko sosialnya,” pungkasnya.

Aries Firman menegaskan setiap hal yang terjadi pada bendungan perlu dimonitoring secara mendetil. Sebagai contoh rembesan air pada dinding bendungan tidak boleh diabaikan begitu saja. Rembesan itu perlu kajian mendalam, melihat penyebab.

“Pembangunan dan pengelolaan bendungan membutuhkan kajian komprehensif untuk sustainable benefit dan juga menghindari bencana,” pungkasnya. (penulis: Sri Dewi Nur Pasha/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

PERPUSTAKAAN BERPERAN UNTUK KESEJAHTERAAN

  • Written by admin
  • Category: Berita

Dalam Rakornas Perpustakaan Nasional RI yang diadakan di Hotel Bidakara Grand Pancoran – Jakarta Selatan, Kamis 14 Maret 2019, Universitas Mercu Buana menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Perpustakaan Nasional RI. Acara yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo tersebut bertajuk “Pustakawan Berkarya Mewujudkan Pustakawan Berbasis Inklusi Sosial Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Tjahjo menjelaskan perpustakaan memiliki peran penting di era keberlimpahan informasi. Perpustakaan dapat menjadi ruang untuk menemukan kebenaran informasi dan data. Maka untuk itu perpustakaan menjadi bagian dari strategi untuk meningkatkan kualitas dan berdaya saing bangsa.

“Peningkatan Literasi menjadi hal yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia sebagai katrol pendongkrak kualitas SDM Indonesia,” tegas Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo disela acara.

Selain Menteri Dalam Negeri, kegiatan ini dihadiri pula Pakar Literasi Indonesia dan pegiat literasi. Bahkan lebih dari 2.000 pustakwan yang terdiri dari Dinas Perpustakaan Provinsi, Kabupaten, Kota, yang tergabung dalam Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Pustakawan.

Dalam acara tersebut dilakukan penandatangan bersama yang dilakukan 37 Perguruan Tinggi yang berasal dari seluruh Indonesia. Universitas Mercu Buana menjadi bagian dalam aksi penandatangan bersama untuk mendorong peran perpustakaan bagi kesejahteraan. Penadantangan ini dilakukan antara Universitas Mercu Buana dan Perpusnas RI.

Rektor UMB, Prof. Ngadino Surip bersama Kepala Perpusnas RI, Drs. Muhammad Syarif Bando,MM pun berkomitmen untuk mendorong perpustakaan memiliki pelayanan optimal. Demi terpenuhinya kebutuhan informasi dan data bagi masyarakat. Kedepannya Perjanjian ini bertujuan meningkatkan hubungan kelembagaan dalam melaksanakan kegiatan pelayanan, pengembangan dan pembinaan perpustakaan di lingkungan masing-masing pihak. (penulis: Priyo Wahyudi / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

MAHASISWA UMB TERJUN MEMBANGUN DAERAH 3T

  • Written by admin
  • Category: Berita

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik II kembali digelar. Kegiatan yang mendekatkan sivitas perguraun tinggi dengan masyarakat ini berlangsung di daerah tertinggal, terdepan dan terluar. Melibatkan sejumlah perguruan tinggi, diantaranya Universitas Mercu Buana.
 
KKN bertema Merajut Nusantara tahun ini berlangsung di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa untuk berkontribusi dalam memperbaiki kualitas hidup masyarakat desa. Melalui upaya pemanfaatan sumber daya alam dan penguatan keterampilan masyarakat. 
 
Kegiatan ini dilakukan selama 14 hari oleh 250 Mahasiswa dari Universitas Swasta di wilayah Kopertis III. Adapun universitas yang terlibat diantaranya Univeristas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) , Universitas Yarsi , Universitas Budi Luhur , Universitas Esa Unggul , Akademi Televisi Indonesia , dan Universitas Mercu Buana.
 
“Pada tahun ini kembali mahasiswa UMB mendapatkan kepercayaan untuk terlibat dalam KKN Tematik II. Sebuah kegiatan yang dapat mengasah kemampuan mahasiswa secara lebih mendalam,” ujar Kepala Biro Pengendalian Kegiatan Kemahasiswaan Direktorat Kemahasiswaan UMB, Novena Ulita, S.Sn, M.Ds di kabupaten Sambas, Senin (11 Maret 2019).
 
Sebelum kegiatan berlangsung, sambung Novena semua peserta mengikuti pembekalan. Pembekalan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi dan pengarahan serta motivasi kepada Mahasiswa mengenai kesiapan mental dan fisik yang diperlukan, serta wawasan budaya dan kehidupan sosial masyarakat di sana.
 
Lebih lanjut dikatakan Novena kegiatan KKN Tematik II memiliki empat program yaitu pendidikan, kesehatan, pariwisata dan ekonomi kreatif.  Seluruh kegiatan berlangsung diempat kecamatan, yaitu Sambas , Tebas , Sajingan Besar (Aruk) , dan Paloh. 
 
“Mahasiswa melakukan penyuluhan dan pelayanan pengobatan kesehatan umum dan gigi,  penyuluhan mengenai pendidikan , ekonomi kreatif dan pariwisata,” ujarnya.
 
Terkait ekonomi kreatif. Mahasiswa mengajarkan teknik penjualan produk melalui lini massa, portal dan aplikasi penjualan. Melalui kegiatan ini diharapkan ekonomi masyarakat bisa meningkat, sekaligus mendorong peluang industri pariwisata berbasis budaya local. (penulis: Haman/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
 

WAKIL REKTOR RESMI MENUTUP FESTIVAL UMB SEBELAS

  • Written by admin
  • Category: Berita

Universitas Mercu Buana mengadakan penutupan Festival UMB-11 di Jungle land pada Senin, 25 Februari 2019. Festival UMB yang telah berlangsung selama 2 minggu ini, ditutup dengan memberikan hadiah kepada para pemenang berupa uang dan beasiswa dan juga tambahan jalan-jalan di Jungle land

 

Selain sebagai bentuk apresiasi kepada para pemenang, tujuan pemberian hadiah jalan-jalan di jungle land ini juga bertujuan untuk meningkatkan tali persaudaraan dan keakraban antara peserta satu sama lain, dan juga panitia.

 

Penutupan ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Universitas Mercu Buana, Dr. Hadri Mulya sekaligus memberikan langsung sambutan dan hadiah kepada para pemenang.

 

“Sebuah kebanggan bagi kami, acara ini sangat sukses dan antusias para peserta juga sangat baik, kami berharap para pemenang tidak berpuas diri sampai disini, tapi tetap fokus untuk terus meningkatkan kompetensi yang ada, sebagai generasi perubahan untuk Indonesia kedepan,” Ungkap Wakil rektor Universitas Mercu Buana, Dr. Hadri Mulya.

 

Sebelumnya pembukaan Festival UMB dilaksanakan pada 19 Februari 2019. Ajang kompetisi multi event ini mengusung tema Divesity, Creativity and Green Living. Dalam kompetisi itu memicu peserta untuk mengasah kemampuan dan bersemangat. Selain itu bertujuan menyalurkan minat dan bakat generasi muda, salah satu program rutin tahunan Universitas Mercu Buana ini sukses menyatukan dan menciptakan kebersamaan serta keakraban para siswa dalam sebuah persaingan sehat.  (penulis: Haman/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

Info Pendaftaran 085100633360

Kampus UMB

Kampus Meruya

  • Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat
  • T : 021 5840 816 ( Hunting), ext: 2751
  • F : 021 5840 015

Kampus Menteng

  • Jl. Menteng Raya No.29, Jakarta Pusat
  • T : 021 3193 5454
  • F : 021 3193 4474

Kampus Cibubur

  • Jl. Keranggan No.6, Jatisampurna Bekasi
  • T : 021 8449 635

Fakultas

Diploma 3

Strata 1

Strata 2

Profesi

Top of Page