Mercu Buana University

PEMBANGUNAN TERINTEGRATIF MELALUI DATA GEOSPASIAL

  • Written by admin
  • Category: Berita

Kebijakan pembangunan yang berlangsung selama ini ternyata banyak kelemahannya. Terutama dalam nilai manfaat pembangunan yang tidak optimal. Itu disebabkan pembangunan yang dilaksanakan tidak terintegratif.

“Presiden Jokowi saat kunjungan ke Aceh mendatangi bendungan yang besar dan hebat. Tetapi manfaatnya tidak optimal. Karena sawah dan daerah yang membutuhkan bendungan itu berada jauh sekali dari lokasi bendungan,” ujar Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof. Hasanudin Zainal Abidin saat memberikan kuliah umum bertema Pemanfaatan Informasi Geospasial dalam Pembangunan Infrastruktur di kampus UMB, Jakarta, Kamis (16/11/17).

Kenyataan itu, sambung dia juga terjadi pada daerah lain, seperti pembangunan pelabuhan ikan yang tidak diikuti pembangunan jalan. Akibatnya pelabuhan ikan menjadi tidak optimal pemanfaatan bagi masyarakat.

Kejadian tersebut, menurut dia merupakan fakta yang menunjukan kegiatan pembangunan tidak berdasarkan data geospasial. Sehingga berjalan sendiri-sendiri tanpa berbasiskan data secara lengkap terhadap kegiatan pembangunan lainnya.

“Pemerintah tengah menuju arah penggunaan satu data. Agar pembangunan tidak lagi kehilangan manfaat optimalnya,” terangnya.

Terkait itulah dia menilai perlu menggandeng banyak pihak dalam upaya melengkapi data geospasial. Tidak hanya dari data instansi pemerintah yang sudah tersedia. Tetapi juga informasi lain yang merupakan hal penting, seperti data kekayaan alam, garis pantai, perairan laut dan sebagainya.

Prof. Hasanudin juga menambahkan saat ini Badan Informasi Geospasial sedang mengintegrasikan 85 tema peta. Puluhan peta tersebut berasal dari Kementrian dan Lembaga daerah. Peta itu akan diintegrasikan yang nantinya dapat dipakai oleh pemerintah dan lembaga manapun. (penulis: Afifah Putri Nadiyah/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  )

LIBATKAN KAMPUS MELENGKAPI DATA GEOSPASIAL

  • Written by admin
  • Category: Berita

Data ruang kebumian (Geospasial) Indonesia masih perlu terus dilengkapi. Tidak hanya pada data ruang kebumian yang berada pada bidang di atas permukaan bumi, tetapi juga bidang di bawah permukaan bumi. Sekaligus data yang berkaitan pada kewilayahaan, kependudukan dan sebagainya.

Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof. Hasanudin Zainal Abidin menegaskan penghipunan data geospasial masih terus berlanjut. Berbagai instansi pemerintah dilibatkan dalam pengumpulan data geospasilan tersebut. Agar data geospasial yang nanti diterbitkan bisa memperlihatkan gambaran secara utuh.

“Dalam melengkapi data tersebut Badan Informasi Geospasial menggandeng pula perguruan tinggi. Karena perguruan tinggi tersebar dibanyak daerah. Jadi lebih mudah menggandeng perguruan tinggi,” ujar Prof. Hasanudin Zainal Abidin disela kuliah umum tentang Pemanfaatan Informasi Geospasial dalam Pembangunan Infrastruktur di kampus UMB, Jakarta, Kamis (16/11/17).

Menurutnya keterlibatan perguruan tinggi akan lebih mudah dalam pengumpulan data. Karena pengumpulan informasi geospasial itu berkaitan pada penerapan ilmu pengetahuan. Sehingga sivitas akademi yang terlibat dalam pengumpulan data tersebut bisa pula menerapkan ilmunya.

Tidak hanya itu, dia mengharapkan data geospasial yang semakin lengkap dapat lebih mempermudah bagi pemerintah menentukan arah pembangunan. Berbekal data geospasial tersbut pembangunan bisa lebih bernilai manfaat. (penulis: Afifah/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

SEJUMLAH BUMN BERMINAT LIBATKAN MAHASISWA

  • Written by admin
  • Category: Berita

Tekad sejumlah perusahaan negara untuk mengembangkan kapasistas generasi muda terus mewujud. Terbukti melalui penandatangan kerjasama antara Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dengan Universitas Mercu Buana.

“Kerjasama dengan perguruan tinggi ini merupakan komitmen BUMN di Indonesia untuk mendorong kualitas generasi muda,” kata Ketua Umum FHCI, Herdy Harman usai melakukan penandatangan Nota Kerjasama disela kegiatan Postering Indonesia Heroes ‘The Future Competitive Great Talent’, Jakarta, Jumat (10/11/17).

Melalui kerjasama ini, sambung dia perguruan tinggi yang terlibat dapat mengirimkan mahasiswa sebagai peserta magang di semua BUMN. Keterlibatan magang tersebut dapat memberikan manfaat langsung bagi mahasiswa. Karena dapat memiliki pengalaman terhadap dunia kerja dan mengetahui  persoalan terkini.

Rencananya, Herdy Harman menambahkan mahasiswa yang terlibat magang tidak hanya memiliki pengalaman kerja. TEtapi juga dapat mengantongi sertifikasi sesuai kemampuannya. Sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman sekaligus pengakuan atas kemampuannya.

“Untuk rencana itulah kegiatan magang berlangsung selama 1 tahun. Terbagi dalam enam bulan kegiatan magang secara langsung dan enam bulan pengujian sertifikasi kompetensi,” ucapnya.

Rektor UMB, Dr. Arissetyanto Nugroho menambahkan kerjasama UMB dan FHCI merupakan bukti perguruan tinggi swasta memiliki kapasitas kerja memadai. Hingga BUMN pun berkenan menjadi lokasi bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya. (penulis: Fauzi Nur Iman/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

UMB CAREER FAIR DIKEMAS LEBIH POPULER

  • Written by admin
  • Category: Berita

UMB Career Fair 2017 kembali berlangsung. Ajang mempertemukan perusahaan dan para pencari kerja ini semakin menarik kegiatannya. Tidak hanya memberikan kesempatan bagi para pencari kerja saja, tetapi juga menggali potensi pencari kerja melalui kegiatan kreatif.

Kepala Pusat Alumni & Karir UMB, Ir. Primi Artiningrum, M. Arch menjelaskan pada event kali ini berupaya memberikan warna berbeda dari kegiatan sebelumnya. Dengan mengemas acara Career Fair melalui kegiatan lebih popular.

“Selama acara tidak hanya pencari kerja melakukan interaksi dengan perusahaan. Tetapi juga ada kegiatan senam zumba, test kepribadian dan hiburan lain,” ujar Ir. Primi Artiningrum, M.Arch usai menghadiri pembukaan UMB Career Fair 2017 di aula UMB, Jakarta, Jumat (3/11/17).

Menurutnya pencari kerja butuh suasana yang lebih nyaman selama berada di UMB Career Fair. Makanya perlu membuat acara-acara tambahan selama kegaitan itu berlangsung. Dengan harapan pencari kerja bisa nyaman selama berinteraksi dengan perusahaan.

Kegiatan UMB Career Fair ini menyediakan lebih dari 200 lowongan pekerjaan. Sedikitnya 45 perusahaan ikut ambil peran dalam acara yang berlangsung selama dua hari. Perusahaan tersebut bergerak pada bidang manufaktur, pembiayaan, jasa dan consumer goods. (penulis: Citra Sentosa/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

 

DINAS PENDIDIKAN AJAK BERKOLABORASI GELAR FESTIVAL

  • Written by admin
  • Category: Berita

Bagai gayung bersambut. Gagasan menjadikan Festival UMB sebagai agenda tahunan pemerintah DKI Jakarta mendapat angin segar. Plt Kabid SMP-SMK Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Drs. Suharno, M.Pd memberikan respon positif gagasan kolaborasi itu.

“Festival UMB dan sejumlah agenda di Dinas Pendidikan DKI Jakarta memang bisa disinergikan. Agar kegiatannya menjadi lebih bermanfaat dan meluas,” ujar Drs. Suharno, M.Pd saat memberikan sambutan pada pembukaan Festival UMB ke 10 di UMB, Jakarta, Kamis (2/11/17).

Dinas Pendidikan, lanjut dia memiliki kegiatan sejenis Festival UMB, misalkan O2SN. Kegiatan O2SN itu atau lebih popular Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tidak berbeda dari kompetisi multicabang olahraga yang pesertanya dari berbagai sekolah.

Mungkin saja, sambung dia O2SN dan Festival UMB disatukan pola kegiatannya. Sebagai contoh lokasi penyelenggaraan di kampus UMB atau beberapa hal lain yang bisa didiskusikan. Pada prinsipnya sangat tepat mengleola kegiatan secara sinergi.

“Kalau semua cabang digelar di UMB sudah pasti tidak muat daya tampung kampus. Tapi bisa dipilihkan cabang mana yang bisa dan relevan dengan festival UMB,” imbuhnya.

Dia menilai kegiatan Festival UMB ini cukup unik. Karena tiga aspek pendidikan itu dilakukan dalam satu ajang kompetisi, yakni aspek nalar, aspek berkesenian dan aspek kegiatan fisik. Hal tersebut menandakan Festival UMB sudah memenuhi kriteria pendidikan.

Dinas Pendidikan sangat peduli dan fokus pada kegiatan pendidikan yang dilakukan melalui kompetisi. Dengan demikian pengetahuan siswa tidak hanya didapat melalui ruang kelas, tetapi juga didapat selama kompetisi.

Festival UMB ke 10 merupakan kegiatan tahunan yang menggelar 10 cabang perlombaan. Dengan berpijak pada kompetisi nalar, olah raga dan kesenian. Berlangsung selama 25 hari dengan total hadiah ratusan juta rupiah, termasuk beasiswa. (penulis: Priyo Wahyudi/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

 

MINTA FESTIVAL UMB MASUK AGENDA PARIWISATA JAKARTA

  • Written by admin
  • Category: Berita

Wakil Rektor UMB, Dr. Purwanto, SK, M.Si menegaskan sumber pendapatan suatu daerah tidak lagi berorientasi pada kekayaan alam maupun objek wisata. Banyak sekali potensi daerah yang dapat dikembangkan hingga mampu menjadi sumber pendapat daerah.

“Banyuwangi adalah salah satu bukti daerah yang hidup dari ragam kegiatan masyarakat. Melalui festival-festival yang dikelola  secara rutin dan menarik,” ujar Dr. Purwanto saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Festival UMB ke 10 di aula UMB, Jakarta, Kamis (2/11/17).

Ragam festival yang digelar itu, sambung dia secara langsung mendorong ekonomi rakyat bergerak. Banyuwangi yang dulu dikenal sebagai kawasan yang kurang maju, perlahan mulai bergerak dan menunjukan wajah perbaikan yang luar biasa.

Menurutnya hal tersebut sangat tepat pula dilakukan di Jakarta. Karena banyak sekali kegiatan yang dikelola oleh masyarakat maupun lembaga pendidikan seperti Universitas Mercu Buana yang sepatutnya bisa masuk dalam agenda pariwisata Jakarta.

“Festival UMB ke 10 ini bukti komitmen menyelenggarakan kegiatan. Keberhasilan acara juga cukup membanggakan, maka kiranya bisa bersinergi dengan pemerintah Jakarta sebagai agenda tahunan pula,” paparnya.

Dengan demikian, lanjut Dr. Purwanto sudah pasti tujuan penyelenggaraan kegiatan menjadi lebih optimal tercapai. Apalagi sinergi dengan pemerintah Jakarta bisa mendorong pergerakan ekonomi rakyat berjalna lebih cepat.

Festival UMB ke 10 merupakan kegiatan tahunan yang menggelar 10 cabang perlombaan. Dengan berpijak pada kompetisi nalar, olah raga dan kesenian. Berlangsung selama 25 hari dengan total hadiah ratusan juta rupiah, termasuk beasiswa. (penulis: Citra Sentosa/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

150 SEKOLAH MENGIKUTI FESTIVAL UMB KE 10

  • Written by admin
  • Category: Berita

 

 

 

Festival UMB yang digelar setiap tahun kian mendapat respon baik. Terbukti jumlah sekolah yang mengikuti kompetisi selama 25 hari itu selalu membludak. Pada tahun ini tercatat 150 sekolah ikut berpartisipasi dalam kompetisi multicabang pertandingan.

Ketua Pelaksana Festival UMB, Riko Noviantoro mengatakan jumlah peserta festival relative tidak pernah sepi setiap tahunnya. Ratusan sekolah di Jabodetabek dan Banten mengirimkan kontingennya untuk berebut menjadi juara di Festival UMB ke 10.

“Tahun ini terdapat 10 cabang pertandingan, berlangsung di 8 lokasi dan menghabiskan waktu selama 25 hari dengan total hadiah ratusan juta rupiah,” jelas Riko Noviantoro saat menyampaikan laporan Festival UMB ke 10 di aula UMB, Jakarta, Kamis (2/11/17).

Beberapa cabang pertandingan itu, lanjut dia merupakan cabang pertandingan favorit, seperti Futsal, Basket 3 on 3, Paskibra, English Speech dan sebagainya. Sehingga pada cabang pertandingan tersebut jumlah pesertanya membludak.

Meski demikian, sambung Riko seluruh panitia telah melakukan berbagai persiapan. Mulai lokasi pertandingan yang memadai, wasit pertandingan yang berkualitas dan sarana pendukung lainnya. Agar kompetisi dapat berjalan sesuai harapan.

“Bagi juara disemua kompetisi pada jenjang SMA, SMK atau MA berhak mendapatkan beasiswa di kampus UMB,” ucapnya.

Festival UMB ke 10 merupakan kegiatan tahunan yang digagas Biro Sekretariat Universitas dan Humas UMB. Kegiatan ini mengusung tema Diversity, Creativity dan Green Living. Dengan berpijak pada kompetisi nalar, olah raga dan kesenian. Berlangsung selama 25 hari dengan total hadiah ratusan juta rupiah, termasuk beasiswa. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro / Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

 

 

 

PENINGKATAN MAINTENANCE DALAM PRODUKTIVITAS INDUSTRI

  • Written by admin
  • Category: Berita

 

Maintenance dalam perindustrian sangat penting dalam proses produksi sebuah produk, olehkarenanya Program Studi Teknik Industri Universitas Mercu Buanamemantapkan pengetahuan mahasiswanya dengan mengadakan kuliah tamu yang bertema “From Traditional to Smarter Maintenance to Support Industry 4.O”.

Kegiatan ini menghadirkan Repair and Maintenance Engineer – PT. Bakrie Building Industries, Imbuh Rochmad, ST., MT dan Technical – PT. Gajah Tunggal, Iwan Roswandi, S.kom, MT., di kampus UMB, Jakarta, Jumat (20/10/17)

Kaprodi Industri Fakultas Teknik UMB, Dr. Ir. Zulfa Fitri Ikatrinasari, MT mengatakan di dalam sebuah industri terdapat mesin-mesin, dimana mesin membutuhkan perawatan (maintenance). Hal ini bertujuan untuk mendukung proses produksi dan menjaga produktivitas mesin.

Manager Repair and Maintenance Engineer PT. Bakrie Building Industries, Imbuh Rochmad, ST, MT menegaskan maintenance adalah kegiatan untuk menjaga atau merawat mesin dan peralatan produksi. Tujuannya agar dapat dilakukan dalam proses produksi secara baik.

“Setiap produksi bergantung pada kondisi mesin yang prima. Makanya maintenance atau perwatan itu diperlukan. Agar produksi tetap efisien dalam dan keuntungan tidak bekurang,” ujar Imbuh Rochmad.

Apabila ada kerusakan di mesin, berikan label merah dengan menuliskan jenis kerusakan dan jika mesin sudah diperbaiki, berikan label hijau dan lengkapi dengan tanggal perbaikannya dan teknisi yang memperbaikinya.

Iwan Roswandi, S.kom, MT mengatakan maintenance terbagi menjadi dua, yaitu maintenance terplaning dan maintenancetidak terplanning. Maintenance planning dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan untuk tindakan preventif atau pencegahan dari kerusakan mesin. Sedangkan maintenance tidak terplanning dilakukan berdasarkan kerusakan dadakan yang terjadi saat proses produksi terjadi. (penulis: Amukti Sadat Jati / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

Info Pendaftaran 085100633360

Kampus UMB

Kampus Meruya

  • Jl. Meruya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • T : 021 5840 816 ( Hunting), ext: 2751
  • F : 021 5840 015

Kampus Menteng

  • Jl. Menteng Raya No.29, Jakarta Pusat
  • T : 021 3193 5454
  • F : 021 3193 4474

Kampus Cibubur

  • Jl. Keranggan No.6, Jatisampurna Bekasi
  • T : 021 8449 635

Fakultas

Diploma 3

  • . Fakultas Ekonomi dan Bisnis

     

     

    Profesi 

    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Strata 1

Strata 2

 

 

Top of Page