Mercu Buana University

KEMBALI RAIH ANUGRAH PROGRAM ASUH PT UNGGUL 2018

  • Written by admin
  • Category: Berita

Program Asuh Perguruan Tinggi (PT) Unggul, Tahun 2018 kembali dilaksanakan oleh Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristek Dikti. Program ini ditujukan untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, dengan melibatkan perguruan tinggi yang institutinya terakreditasi A.

Sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab moral, Universitas Mercu Buana (UMB) untuk kedua kalinya pula, mengajukan proposal sebagai PT Pengasuh Tahun 2018 dan kembali mendapat kepercayaan dari Kemenristekdikti untuk membina/mengasuh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang masih memiliki kriteria prodi dengan akreditasi C.

“Ini prestasi kedua kalinya bagi UMB meraih anugerah PT Asuh Unggul 2018. Sebelumnya pada 2017 juga meraih anugerah yang sama,” kata Rektor UMB, Prof. Dr. Ngadino Surip, MS setelah menerima penghargaan PT Asuh Unggul 2018 di Jakarta, Kamis (6 Desember 2018).

Menurutnya penghargaan ini merupakan bukti dedikasi dan kerja keras UMB dalam melaksanakan program PT Asuh Unggul. Sekaligus menjadi bukti pengabdian dan kesungguhan UMB untuk mendorong perbaikin kualitas pendidikan di Indonesia.

Lebih menariknya, kata Rektor UMB pemberian anugerah PT Asuh Unggul terbaik hanya kepada lima perguruan tinggi, yakni Universitas Mercu Buana, Universitas Brawijaya, Universitas Syiah Kuala, Universitas Kristen Petra, dan Universitas Gadjah Mada. Ini merupakan prestasi membanggakan.

Kepala Pusat Penjaminan Mutu UMB, Ir. Desiana Vidayanti, MT menambahkan prestasi yang diraih UMB ini menjadi energy untuk lebih bekerjaa keras. Agar dalam mendampingi perguruan tinggi berakreditasi C dimasa mendatang dapat lebih baik.

“Tentu ini kerjasama yang erat antara UMB dan perguruan tinggi asuhan, sehingga mampu memberikan manfaat bagi semua pihak,” pungkasnya. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat /www.mercubuana.ac.id /     This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  ).

KOPERASI HARUS BERTRANFORMASI DI ERA DIGITAL

  • Written by admin
  • Category: Berita

Wakil Rektor, Dr. Hadri Mulya mengingatkan lembaga koperasi tidak boleh duduk manis saja. Perlu melakukan pembenahan internal dan eksternal secara lebih serius. Terlebih di era digital yang saat ini melaju cepat, tidak bisa lagi diabaikan begitu saja.

“Semua institusi terpapar era digital. Kecepatan era digital memaksa organisasi berbenah diri, begitu pula koperasi karyawan UMB ini,” tegas Dr. Hadri Mulya saat menghadiri Pelatihan Dasar Koperasi untuk Anggota dan Pengurus Koperasi Karyawan UMB di kampus UMB, Jakarta, Kamis (7 Desember 2018).

Era digital, lanjut Wakil Rektor merupakan peluang dan kesempatan bagi koperasi untuk melakukan lompatan. Karena era digital memberikan ruang bagi koperasi untuk menjangkau pelayanan dan keanggotaan lebih luas.

Apalagi, sambung dia letak koperasi UMB sudah strategis. Berada tepat di area bisnis kampus. Hal tersebut menjadi kekuatan tambahan yang harus dioptimalkan. Tidak malah hanya diam dan membiarkan berjalan apa adanya.

“Keberhasilan koperasi itu terletak pada kesejahteraan anggotanya. Maka pengurus harus berorientasi pada kesejahteraan anggota. Dengan memanfaatkan teknologi,” imbuhnya.

Praktisi Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Jakarta, Himawan Sutanto menambahkan koperasi merupakan lembaga ekonomi berbadan hukum yang memiliki karakter gotong royong. Berbeda dengan lembaga ekonomi lain yang tidak berkarakter gotong royong.

Koperasi, tegas dia memberikan manfaat seluasnya bagi anggota. Artinya kesejahteraan anggota adalah hal utama dalam kegiatan koperasi. Bukan lah berorientasi semata pada kesejahteraan pengurus atau pengelola.

“Keuntungan koperasi dikembalikan kepada anggota. Sedangkan lembaga ekonomi lain keuntungan dinikmati pemilik modal. Inilah yang membedakan koperasi,” imbuhnya. (penulis: Amukti Sadat Jati/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

UMB MERANGKUL MILENIAL MENGENAL KEBUDAYAAN ANTARNEGARA SERUMPUN

  • Written by admin
  • Category: Berita

Mahasiswa Bidang Studi Public Relations Universitas Mercu Buana menyelenggarakan kegiatan “Gebyar Budaya Indonesia - Thailand” dengan mengusung tema “Discovering Amazing Indonesia - Thailand” bertempat di Auditorium Tower UMB Lantai 7 (01/12/18).

Wakil Rektor Universitas Mercu Buana Dr. Hadri Mulya mengungkapkan, melalui festival budaya serumpun ini maka diharapkan dapat melestarikan, meningkatkan dan mengembangkan budaya serumpun di tengah zaman millenials yang serba modern.

“Kegiatan yang mengangkat budaya ini merupakan bagian dari pengenalan tentang sejarah diri kita, dari mana kita berasal, dan mengapa kita memiliki persamaan-persamaan meski kita berbeda negara ,” dalam sambutannya saat membuka kegiatan Gebyar Budaya Indonesia – Thailand.

Kegiatan yang mengupas tuntas tentang beragam persamaan dan perbedaan tersebut antara lain Talkshow “Discovering Amazing Indonesia - Thailand”, bazzar makanan, aneka lomba kreatifitas seperti memasak makanan ala Thailand, lomba tari tradisional Indonesia dan Thailand, hingga Fashion Show yang menampilkan bagaimana gaya berbusana warga negara Indonesia dan warga negara Thailand.

“Melalui kegiatan Gebyar Budaya Indonesia-Thailand diharapkan dapat membawa manfaat bagi seluruh pesera kegiatan Gebyar Budaya Indonesia-Thailand. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kerjasama baik Thailand dan Indonesia terutama di berbagai bidang seperti pendidikan dan kebudayaan” tutur Dr. Hadri Mulya.

Talkshow “Discovering Amazing Indonesia - Thailand” dinarasumberi oleh keyperson yang mengetahui persis hubungan sangat baik kedua negara dan memiliki kedekatan emosional yang tinggi yaitu Atase Kedubes RI untuk Thailand Kombes Priyo Waseso, Direktur Tourism Authority of Thailand Mrs. Bosakorn Promanot, dan perwakilan komunitas Indonesia-Thailand Leonardus Doni Panova. Kegiatan ini diharapkan menjadi pintu masuk generasi milenial yang dapat mempelajari bagaimana suatu kebudayaan tak hanya memiliki perbedaan namun juga memiliki banyak persamaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Kedutaan Besar Kerajaan Thailand Menteri Jiraporn Sudanich, Direktur Tourism Authority of Thailand Busakorn Prommanot, Atase Kedutaan Indonesia untuk Thailand Kombes Priyo Waseso, Wakil Rektor Universitas Mercu Buana Dr. Hadri Mulya beserta pejabat struktural Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat /www.mercubuana.ac.id /     This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  )

SERAHKAN RP. 220 JUTA BANTUAN GEMPA PALU

  • Written by admin
  • Category: Berita

Sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan, Universitas Mercu Buana menyalurkan bantuan langsung berupa bahan pangan dan obat-obatan senilai Rp220 juta. Bantuan ditempatkan di pos-pos pengungsian di tiga kota yang berdampak bencana.

"Kegiatan ini merupakan bagian tri dharma perguruan tinggi bidang pengabdian masyarakat. Bantuan yang kami salurkan ini guna meringankan beban para korban dan pengungsi yang saat ini masih tinggal di tenda-tenda penampungan," kata Karo SDM UMB, Junaedi didampingi Karo MGS, Trival Apriadi saat menyerahkan bantuan di Pos Pengungsi di Mesjid Agung, Palu, pada Sabtu (1/12)

Sementara itu, Ketua DKM Manarul Amal UMB, Dr Achmad Jamil menambahkan penggalangan bantuan kemanusiaan merupakan hasil kerjasama seluruh civitas akademika dan keluarga besar Universitas Mercu Buana, Yayasan Menara Bhakti dan jemaah Masjid Manarul Amal Universitas Mercu Buana.

Bantuan kemanusiaan dari keluarga besar UMB diterima Perwakilan Posko Pengungsi Masjid Agung Palu. Sekaligus menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian kampus Jakarta. Bahkan datang langsung ke Sulawesi Tengah sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas.

Peristiwa Gempa dan tsunami yang melanda kawasan Palu, Donggala dan Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah terjadi pada 28 September 2018. Peristiwa ini menelan ribuan jiwa, dan  lebih dari 16 ribu warga di Palu mengungsi. Jumlah ini belum termasuk warga di Donggala dan Sigi, lokasi titik gempa. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat /www.mercubuana.ac.id /     This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  )

DR. ARISSETYANTO NUGROHO RAIH SERTIFIKASI INTERNASIONAL

  • Written by admin
  • Category: Berita

Rektor UMB periode 2014-2018, Dr. Arissetyanto Nugroho meraih sertifikasi internasional dari Federation of Engineering Organizations (CAFEO). CAFEO merupakan konferensi internasional tahunan bidang teknik untuk mendorong kemajuan ASEAN.

Pada tahun ini CAFEO mengusung tema engineering rail connectivity and fostering excellence in engineering education. Perhelatan ke-36 diikuti lebih dari 1.000 engineer dari 30 negara yang berlangsung di Singapura.

“Saya bersyukur mendapatkan sertifikasi ini. Semoga bisa menjadi pendorong kemajuan Universitas Mercu Buana dan keilmuan teknik,” kata Dr. Arissetyanto Nugroho di ruang kerjanya, Jakarta, 29 November 2018.

Sertifikasi ASEAN Engineer adalah penghargaan dari Mutual Recognition Agreement (MRA) di tingkat ASEAN. Sertifikasi tersebut memberikan keleuasaan dalam hal mobilitas kepada para Insinyur di negara ASEAN untuk bisa bekerja di negara tetangga dengan mendapatkan pengakuan berupa kesamaan standarisasi kompensasi dan benefit. 

Pada CAFEO-36 ini juga dilaksanakan ASEAN Engineering Deans Summit, yang merupakan pertemuan Dekan Fakultas Teknik Negara-Negara ASEAN yang membahas isu-isu penting pendidikan tinggi saat ini. Diantaranya transformasi pendidikan tinggi teknik pada era revolusi industri 4.0, pengembangan pendidikan tinggi teknik di negara-negara ASEAN, penjaminan kualitas pendidikan tinggi dan kolaborasi pendidikan sesama negara anggota ASEAN. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat /www.mercubuana.ac.id /     This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  )

DARI AKREDITASI NASIONAL, MENUJU AKREDITASI INTERNASIONAL

  • Written by admin
  • Category: Berita

Kualitas sebuah perguruan tinggi diukur melalui capaian akreditasi. Akreditasi merupakan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan yang dilakukan lembaga independen. Melalui akreditasi akan tergambar kualitas sebenarnya perguruan tinggi, serta dapat melihat sebaran kondisi perguruan tinggi di Indonesia.

Penerapan standar mutu dan penilaian perguruan tinggi merujuk pada sejumlah regulasi yang ditetapkan pemerintah, yaitu; Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang tertuang pada Pasal 60 dan 61. Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen pada Pasal 47, Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pada Pasal 86, 87, dan 88. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 28 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Dalam perjalanannya Universitas Mercu Buana berupaya memenuhi akreditasi yang dipersyaratkan. Pada tahun 2016 berhasil menyandang gelar akreditasi institusi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sebelumnya juga telah meraih akreditasi A pada sejumlah program studi.

“Meraih akreditasi A untuk institusi dan akreditasi A untuk sejumlah program studi mendorong Universitas Mercu Buana untuk membidik akreditasi internasional,” tegas Rektor UMB, Prof. Dr. Ngadino Surip, MS saat melantik 1.252 wisudawan program Sarjana dan Pascasarjana di ICE, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (21 November 2018).

Lebih lanjut Rektor UMB menegaskan akreditasi perguruan tinggi bukan saja merupakan amanat undang-undang. Melainkan sebuah gambaran yang menujukan kualitas dan legalitas sebuah perguruan tinggi yang dapat menjadi bekal bagi masyarakat untuk menentukan melanjutkan pendidikan. 

Pencapaian akreditasi tersebut tidak menghentikan Universitas Mercu Buana. Sampai saat ini tengah mengajukan upaya meraih akreditasi internasional. Hal ini juga penting untuk mendorong kemajuan Universitas Mercu Buana dalam kancah pendidikan di era global.

Dalam upaya itu, Prof. Ngadino Surip memastikan beberapa upaya serius. Bukan hanya penataan infrastruktur fisik yang menjadi bagian penting, lebih jauh juga mendorong berbagai inovasi. Melalui berbagai inovasi itulah kualitas perguruan tinggi akan terasah dan meningkat.

“Penyediaan fasilitas pendidikan yang bersinergi dengan dunia industri, adalah strategi pendukung untuk mencapai kualitas perguruan tinggi berkelas internasional,” ujarnya.

Kehadiran gedung Multimedia yang baru saja diresmikan merupakan wujud sinergi dunia industri dan lembaga pendidikan. Gedung Multimedia merupakan perjumpaan antara kepentingan industri dan kepentingan perguruan tinggi sebagai upaya mempertajam ilmu sekaligus memproduksi gagasan yang berarti bagi masyarakat. Konsep gedung ini telah dipersiapkan sedemikian rupa untuk bisa menjawab kebutuhan industri 4.0 yang saat ini sedang melaju. Dengan kemampuan untuk memproduksi konten penyiaran, materi periklanan sampai pada penyelenggaraan dialog dan sebagainya.  

Sedangkan capaian prestasi mahasiswa juga bagian penting mendapatkan akreditasi internasional. Mulai dari prestasi bidang seni, bidang olah raga hingga prestasi bidang akademik. Bahkan UMB telah mempersiapkan tim ‘Geni Biru’ yang terlibat dalam kompetisi mobil hemat energi 2018.

“Melalui prestasi mahasiswa diberbagai bidang semakin membuktikan kemampuan mahasiswa meningkat pada jenjang nasional maupun internasional,” tuturnya.

Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho mendapatkan penghargaan berupa sertifikasi internasional dalam ajang 36th Conference of Asean Federation of Engineering Organizations (CAFEO). CAFEO merupakan konferensi internasional tempat bertukar pengetahuan dan menciptakan soulsi dunia keinsyiuran untuk mendorong kemajuan Asean. Medali dan sertifikat AER yang diraih Rektor UMB Periode 2014-2018 dilakukan dalam acara CAFEO 36 di Resort World Sentosa Convention Singapura, 13 november 2018.

Pada wisuda Sarjana ke 46 dan Pascasarjana ke 33 tahun akademik 2018/2019 ini, Universitas Mercu Buana melantik 1.252 orang wisudawan yang terdiri dari 142 wisudawanprogramMagister, 1.096 programSarjana dan 14 program Diploma. Universitas Mercu Buana memiliki 2 Program Diploma dan Peminatan Manajemen MICE, 14 Program Sarjana, 7 Program Magister, 2 Kelas Program Khusus Berbahasa Inggris pada Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Ilmu Komputer, ditambah pula 1 Program Doktor Manajemen. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat /www.mercubuana.ac.id /     This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  )

FASILKOM UMB SELENGGARAKAN SINAPTIKA KE-10 TAHUN 2018

  • Written by admin
  • Category: Berita

Jakarta, Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Mercu Buana (UMB) telah menyelenggarakan acara Seminar Nasional Pengaplikasian Telematika ke-10 (SINAPTIKA) dengan tema Trend Aplikasi  Multi-Platform Dalam Transformasi Digital untuk Meningkatkan Perdagangan di Era Ekonomi Digital ” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 November 2018 di Gedung Aula Rektorat Universitas Mercu Buana.

Seminar dihadiri oleh Keynote Speaker Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D sebagai Ketua APTIKOM Pusat, yang memberikan gambaran strategi bisnis  dalam transformasi digital di berbagai industri perusahaan di seluruh dunia sebagai peluang baru dalam bidang perdagangan, serta menjembatani kepentingan produsen, konsumen, dan pasar tanpa dibatasi ruang dan waktu dengan adanya  Ekonomi digital.

Seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dr. Harwikarya,MT, dalam  sambutannya, mengatakan sangatlah penting mensikapi adanya  perkembangan teknologi yang cukup pesat saat ini yang menjadi fondasi dari tren transformasi digital dalam meningkatkan perdagangan di era ekonomi digital.

Ketua Panitia SINAPTIKA 2018, Ratna Mutu Manikam, S.Kom,MT mengatakan acara  ini yang diselenggarakan sebagai media silaturahmi, berbagi pengalaman dan membentuk jaringan sesama dosen, peneliti dan praktisi di bidang Informatika,Sistem Informasi dan teknologi informasi.

Seminar dilanjutkan dengan pemaparan tujuh narasumber yang mewakili praktisi, akademisi dan industri yaitu Ir. Budi Raharjo, M.Sc, Ph.D (Dosen ITB/Tokoh Teknologi Informasi), Dr. Ir. Teddy Mantoro (Dosen Universitas Sampoerna), Dr.Ir. Eko Kuswardono Budiarjo, M.Sc (Ketua IPKIN), Ir. Surono Mphil (Ketua BNSP), Adri Gautama, ST, MT, CCNA, CCAI(Area Academy Manager at Cisco System), Mahendra Hatmoko (Trainer iBox) dan Leontinus Alfa Edison (Co-Founder and Director Tokopedia)  yang mendiskusikan isu-isu terkini di bidang Informatika,sistem informasi dan teknologi informasi dan komunikasi.

Seminar ini juga merupakan media desiminasi hasil-hasil penelitian bidang Informatika,sistem informasi yang menampilkan penyajian 86 makalah yang berasal dari beberapa universitas nasional, STMIK & Lembaga Pemerintahan RI di antaranya  Universitas Pancasakti Tegal, Universitas Teknokrat Indonesia, Institute Teknologi Sepuluh Nopember,  Universitas Pancasila, Universitas Mercu Buana, STMIK STIKOM Bali, STMIK Raharja serta Badan Siber dan Sandi Negara.

Selain itu  penandatangan MOU Program Kerja Praktek (magang/Intenship)  dan Fasilkom UMB  diwakili Dr, Harwikarya, MT (Dekan Fasilkom UMB) dengan PT. Sinergi Digital Teknologi  diwakili Alen Boby Hartanto, S.Kom, MM (Chief Technology Officer & Alumni Sistem Informasi UMB). (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat /www.mercubuana.ac.id /     This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  )

Fasilitasi Mahasiswa Melalui Media Stocklab

  • Written by admin
  • Category: Berita

Galeri Investasi BEI & VAS Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Mercu Buana menyelenggarakan Seminar Pasar Modal mengenai Pengenalan Saham Melalui Media Stocklab “Fun Stock With Stocklab”. Kegiatan seminar dihadiri Regional Development Division Indonesia Stock Exchange, Hendra Pamungkas Jovianto, Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis Dr. Harnovinsah, Kepala GI BEI UMB, Iwan Firdaus S.Kom,MM, Ibu Asri Haryani dan Farhan perwakilan dari MNC Sekuritas, 140 mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnisbertempat di Aula Gedung Rektorat lantai 2 Universitas Mercu Buana Jakarta.

Stocklab merupakan sebuah permainan kartu pengenalan pasar modal yang dimainkan oleh dua hingga lima orang pemain. Dalam permainan ini terdapat berbagai macam informasi dan pengenalan terhadap pasar modal. Stocklab tersendiri dari beberapa kartu, di antaranya kartu saham, kartu emiten, dan kartu aksi. Permainan ini pun mengenalkan para pesertanya kepada rumor yang bisa menjadi sentimen pergerakan suatu saham. Melalui permainan stocklab para pesertanya diharapkan tak hanya mengenal cara bermain saham, tetapi juga berbagai istilah dunia pasar modal serta sentiment-sentiment yang bisa mempengaruhi pergerakan saham.

Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis Dr. Harnovinsah dalam sambutan pembukaan kegiatan Seminar Pasar Modal memaparkan para peserta Seminar Pasar Modal mengenai Pengenalan Saham Melalui Media Stocklab “Fun Stock With Stocklab” bermain sekaligus mendapatkan ilmu melalui kegiatan fun melalui Stocklab ini akan menambah pengetahuan dan nilai tambah bagi mahasiswa FEB UMB sehingga menambah peluang pasar pekerjaan lebih luas baik dari sisi saham, oblikasi dan pasar modal karena mahasiswa pasar modal perguruan tinggi saat ini tidak hanya konvensional hanya paham teori tapi juga paham pelaksanaannya dalam dunia industri karena saat masuk dunia kerja harus sudah menguasai dunia kerja sebenarnya. Semoga dengan adanya Seminar Pasar Modal mengenai Pengenalan Saham Melalui Media Stocklab “Fun Stock With Stocklab” ini semakin banyak anggota KSPM UMB dan ilmunya pun bertambah, FEB UMB juga memfasilitasi mahasiswa melalui tax center, gallery investasy untuk bebas memilih dapat berkecimpung di dunia pasar modal terserah mahasiswa tertarik yang mana untuk kedepannya . Diakhir sambutanya Dr. Harnovinsah berpesan sebagai mahasiswa milenial harus banyak baca dan banyak analisis sehingga dapat meningkatkan skill anda dimasa mendatang.

Kepala GI BEI UMB, Iwan Firdaus S.Kom,MM  menjelasakan tujuan dari kegiatan seminar Stocklab kali ini adalah memperkenalkan Stocklab kepada mahasiswa, memberikan edukasi tentang stocklab kepada mahasiswa, memperluas sudut pandang, pemahaman serta wawasan kepada mahasiswa mengenai saham melalui media stocklab.

Materi Investasi di Pasar Modal Indonesia dibawakan oleh Regional Development Division Indonesia Stock Exchange, Hendra Pamungkas Jovianto. Dalam paparan materinya mejelaskan Sekeliling Kita Penuh Dengan Perusahaan Go Public yang Siap dimiliki. 612 Emiten, & terus bertambah. Konsep Uang Menurut Waktu, Ilustrasi Perkembangan Harga McD dan Indomie

Bagaimana dengan Investasi? Investasi adalah mengelola aset/harta sehingga asset/harta tersebut dapat memberikan hasil di kemudian hari. Mengapa kita harus tetap investasi? Biaya hidup dan gaya hidup semakin meningkat padahal pendapatan rutin yang diperoleh cenderung tidak mengalami banyak peningkatan karena pengaruh inflasi. Survei Biaya Hidup (SBH) 2012 dari 82 kota di Indonesia menunjukkan bahwa Jakarta merupakan kota dengan biaya hidup (nilai konsumsi rumah tangga) tertinggi, yakni Rp7.500.726 per bulan dengan rata-rata jumlah anggota 4 orang per rumah tangga.

Dengan bertambahnya kebutuhan keluarga, sepertinya sudah saatnya bagi para orangtua untuk menambah penghasilan mereka di luar pekerjaan tetap. Salah satu yang bisa dicoba adalah dengan Berinvestasi. Pasar Modal merupakan tempat bertemunya pihak yang perlu dana jangka panjang dengan pihak yang perlu investasi pada instrumen finansial Melalui Instrumen Finansial seperti Saham, Obligasi, Reksa Dana, dll. Manfaat Pasar Modal Bagi Masyarakat Penciptaan lapangan kerja/profesi, Bagi Investor Sarana investasi, Bagi Emiten Penyebaran kepemilikan ke seluruh lapisan masyarakat, Bagi Pengusaha Sumber pembiayaan, Bagi Negara Keterbukaan & profesionalisme, iklim usaha yang sehat. Jumlah investor Indonesia masih 0.283%  dari total penduduk Indonesia. Investasi Saham = Membeli Aset dalam Bentuk Saham/ Kepemilikkan Perusahaan. Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus (continue) atau dengan kata lain merupakan proses menurunnya nilai  uang secara terus menerus. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat /www.mercubuana.ac.id /     This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  )

Info Pendaftaran 085100633360

Kampus UMB

Kampus Meruya

  • Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat
  • T : 021 5840 816 ( Hunting), ext: 2751
  • F : 021 5840 015

Kampus Menteng

  • Jl. Menteng Raya No.29, Jakarta Pusat
  • T : 021 3193 5454
  • F : 021 3193 4474

Kampus Cibubur

  • Jl. Keranggan No.6, Jatisampurna Bekasi
  • T : 021 8449 635

Fakultas

Diploma 3

  • . Fakultas Ekonomi dan Bisnis

     

     

    Profesi 

    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Strata 1

Strata 2

 

 

Top of Page