» 

  1. Kalender Akademik
    Kalender Akademik merupakan jadwal penyelenggaraan program akademik untuk jangka waktu satu tahun akademik. Kalender akademik disusun dan diterbitkan setiap awal tahun akademik oleh universitas, merupakan pula jadwal pedoman dasar yang harus digunakan oleh mahasiswa serta seluruh unsur penyelenggara dan pelaksana pendidikan di universitas, fakultas dan jurusan. Atas pertimbangan Fakultas masing-masing pada bulan Juli sampai dengan Agustus, dapat dilaksanakan Semester Pendek.

    Tahun akademik dimulai pada bulan September dan berakhir pada pertengahan bulan Juli yang meliputi 2 (dua) semester, yaitu Semester Ganjil dan Semester Genap.


  2. Ketentuan Akademik
    Dalam rangka menjamin proses penyelenggaraan dan pelaksanaan program pendidikan secara terarah dan teratur sehingga dapat tercapai tujuan pendidikan yang diprogramkan, maka ditetapkan ketentuan-ketentuan akademik.


    1. Sistem Kredit
      Sistem kredit adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan di mana beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan dinyatakan dalam kredit.


    2. Semester
      Semester adalah satuan waktu terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan. Satu semester setara dengan 16 minggu kerja.


    3. Satuan Kredit Semester
      Satuan kredit semester adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa, besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha mahasiswa, besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha kumulatif bagi suatu program tertentu, serta besarnya usaha untuk menyelenggarakan pendidikan bagi perguruan tinggi dan khususnya bagi tenaga pengajar.

  3. Administrasi Sistem Kredit :


    1. Pendaftaran Ulang serta Pendaftaran KRS
      Pendaftaran ulang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan perkuliahan. Pendaftaran ini dilakukan pada setiap awal semester, dengan cara mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) secara online melalui laboratorium komputer masing-masing fakultas. Untuk melakukan pendaftaran ulang, setiap mahasiswa diharuskan memenuhi persyaratan yang ditetapkan.


    2. Mulai tahun akademik 2002/2003, sistem "KRS Online" telah diberlakukan walaupun masih terbatas di lingkungan Universitas Mercu Buana.

    3. KRS Online
      Konsep Online adalah konsep penggunaan data yang selalu dapat diakses dari manapun dan di manapun. Saat ini Universitas Mercu Buana sedang membangun jaringan "Online", agar dapat memproses kegiatan akademiknya dan selalu mendapatkan informasi/data yang akurat cepat dan tepat ( up to date ). Online dalam tanda petik disini diartikan Universitas Mercu Buana baru dapat menerapkannya pada lingkungan Universitas Mercu Buana, yang selanjutnya secara bertahap direncanakan pada tahun akademik yang akan datang dijajaki kemungkinan "Real Online".


    4. Jadual Kuliah
      Jadual Kuliah adalah jadual pengaturan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran untuk jangka waktu 1 (satu) semester atau 16 minggu, yang disusun berdasarkan kurikulum masing-masing fakultas serta diumumkan selambat-lambatnya 2 (dua) minggu sebelum perkuliahan dimulai.

  4. Ujian Semester
    Penyelenggaraan ujian-ujian dimaksudkan untuk :
    1. Menilai mahasiswa, dalam memahami atau menguasai materi perkuliahan.
    2. Mengelompokkan mahasiswa ke dalam beberapa golongan berdasarkan kemampuan.
    3. Menilai materi perkuliahan yang disajikan sesuai dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) yang telah ditentukan.

    Ujian semester diselenggarakan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) semester, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). UTS diadakan setelah menyelesaikan minimal 50% pokok bahasan sesuai dengan ketentuan SAP, dan UTS diselenggarakan untuk semua mata kuliah dengan jadwal UTS yang disusun oleh fakultas masing-masing. UAS diselenggarakan setelah semua pokok bahasan perkuliahan diselesaikan dengan jadwal UAS yang disusun oleh fakultas masing-masing.

    UTS dan UAS dilaksanakan hanya 1 (satu) kali pada setiap semester, dan tidak diadakan ujian ulangan dalam semester tersebut.

[Halaman pertama] [Sebelumnya] Hal 1 dari 1 hal [Selanjutnya] [Halaman terakhir]