» 
UNIVERSITAS MERCU BUANA RAIH PERINGKAT 15 RANGKING WEBOMETRICS PERIODE JULI 2012
(Updated: 04-08-2012 11:35 WIB)



Peringkat Webometrics Universitas Mercu Buana mengalami kenaikan dari peringkat sebelumnya. Saat ini UMB menduduki peringkat ke 15 pada periode Juli 2012. Webometrics adalah suatu sistem peringkat yang diukur berdasarkan komposisi volume situs, visibilitas dan dampak dari publikasi web, sesuai dengan jumlah links eksternal (kutipan situs) yang diterima. Lebih spesifiknya kriteria webometrics adalah visibility, size, rich files dan scholar.

Visibilitas adalah keadaan yang dapat diamati, dimana suatu situs mendapatkan back link atau alamat situs tampil dalam situs atau halaman orang lain. Pada kriteria yang satu ini menurut beberapa referensi online memiliki presentase yang cukup besar dalam kriteria penilaian webometrics yaitu ± 50%.

Size adalah ukuran, pengukuran yang dimaksud disini adalah seberapa banyakkah sub-domain yang berada dibawah website utama. Presentase yang dimiliki adalah ±20%. Rich files yang dimaksud adalah seberapa banyak isi file-file (doc,ppt,pdf dan lain-lain) pada gudang website suatu situs universitas tersebut. Semakin banyak pengguna yang memanfaatkan gudang online situs mereka maka semakin banyak semakin meningkatlah ranking. Presentase ± 15% Selanjutnya ada scholar, scholar yang dimaksud adalah jumlah artikel yang didapat dari situs tersebut. Presentase yang diperoleh ±15%.

Peringkat pertama Webometrics di Indonesia diduduki oleh Universitas Gadjah Mada, dilanjutkan dengan Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gunadarma, Bogor Agricultural University, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran, Universitas Hasanudin, Universitas Sriwijaya dan peringkat 15 Universitas Mercu Buana. (Public Relations & Secretariat University Bureau / humas@mercubuana.ac.id)


Berita Lainnya :

» KULIAH UMUM DAN PENANDATANGANAN MOU TEKNIK ARSITEKTUR FTPD DENGAN PT.CIPTA MORTAR UTAMA
» INTERNASIONALISASI UMB DALAM BIDANG AKADEMIK PENELITIAN DAN KERJASAMA MENUJU AFTA 2015
» MAHASISWA UMB RAIH JUARA III BULUTANGKIS DI UNIVERSITAS BAKRIE
» KUNJUNGAN UNIVERSITY MALAYSIA SABAH KE FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA
» MERCU BUANA MARKETING DAY : WORKSHOP PRACTICAL BUSINESS PLAN
» MAHASISWA PSIKOLOGI UMB AKAN PRESENTASI PAPER PENELITIAN PADA THE ASIAN CONFERENCE ON THE SOCIAL SCIENCES 2014 DI OSAKA JEPANG
» UNIVERSITAS MERCU BUANA SELENGGARAKAN CAREER FAIR KE 11: SERAP ALUMNI SEBESAR 59%
» CALON WISUDAWAN UMB DIBEKALI SEMINAR BEDAH PSIKOTES & TEKNIK WAWANCARA
» SEMINAR INTERNAL FEB BAHAS NEUROMARKETING: MARKETERS TURN INTO MIND READERS
» INFO DINAS PENDIDIKAN DKI JAKARTA: KOORDINASI PERSIAPAN UJIAN NASIONAL BIDANG SMK TAHUN AKADEMIK 2013/2014
» DOSEN UMB DAN DEAKIN UNIVERSITY AUSTRALIA ADAKAN PROGRAM PENELITIAN BERSAMA
» INFO DIRMAWA: PENYERAHAN BEASISWA SUPERSEMAR TAHUN AKADEMIK 2014/2015
» KULIAH TAMU DESAIN PRODUK: BINTJANG KREATIF TENTANG TEKNOLOGI SASTRA DAN MUSIK
» SEMINAR FIKOM: PEREMPUAN, MEDIA DAN POLITIK
» ORANGE MEDIA FIKOM: TALKSHOW VIDEO SERIES TRAVELING BERSAMA JALAN JALAN MEN