» 
UNIVERSITAS MERCU BUANA RAIH PERINGKAT 15 RANGKING WEBOMETRICS PERIODE JULI 2012
(Updated: 04-08-2012 11:35 WIB)



Peringkat Webometrics Universitas Mercu Buana mengalami kenaikan dari peringkat sebelumnya. Saat ini UMB menduduki peringkat ke 15 pada periode Juli 2012. Webometrics adalah suatu sistem peringkat yang diukur berdasarkan komposisi volume situs, visibilitas dan dampak dari publikasi web, sesuai dengan jumlah links eksternal (kutipan situs) yang diterima. Lebih spesifiknya kriteria webometrics adalah visibility, size, rich files dan scholar.

Visibilitas adalah keadaan yang dapat diamati, dimana suatu situs mendapatkan back link atau alamat situs tampil dalam situs atau halaman orang lain. Pada kriteria yang satu ini menurut beberapa referensi online memiliki presentase yang cukup besar dalam kriteria penilaian webometrics yaitu ± 50%.

Size adalah ukuran, pengukuran yang dimaksud disini adalah seberapa banyakkah sub-domain yang berada dibawah website utama. Presentase yang dimiliki adalah ±20%. Rich files yang dimaksud adalah seberapa banyak isi file-file (doc,ppt,pdf dan lain-lain) pada gudang website suatu situs universitas tersebut. Semakin banyak pengguna yang memanfaatkan gudang online situs mereka maka semakin banyak semakin meningkatlah ranking. Presentase ± 15% Selanjutnya ada scholar, scholar yang dimaksud adalah jumlah artikel yang didapat dari situs tersebut. Presentase yang diperoleh ±15%.

Peringkat pertama Webometrics di Indonesia diduduki oleh Universitas Gadjah Mada, dilanjutkan dengan Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gunadarma, Bogor Agricultural University, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran, Universitas Hasanudin, Universitas Sriwijaya dan peringkat 15 Universitas Mercu Buana. (Public Relations & Secretariat University Bureau / humas@mercubuana.ac.id)


Berita Lainnya :

» JURNAL FESTIVAL UMB 7: LOMBA MERAKIT ROBOT TINGKAT SEKOLAH DASAR
» PIDATO REKTOR UNIVERSITAS MERCU BUANA PADA UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2014
» M. REZA PAHLEVI MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UMB RAIH MEDALI EMAS KATEGORI MECHATRONIC ASEAN SKILLS COMPETITION (ASC) KE - 10 DI HANOI VIETNAM
» JURNAL FESTIVAL UMB 7: RAIH PRESTASI DALAM KOMPETISI FUTSAL SMA
» JURNAL FESTIVAL UMB 7 : USUNG NILAI NILAI KERAGAMAN, KREATIVITAS DAN LINGKUNGAN HIJAU
» OBITUARI PROF. DR. HC.H. SULTAN HARUN AL RASJID ZAIN (MANTAN REKTOR UNIVERSITAS MERCU BUANA)
» INFO FEB : WORKSHOP RISET PASAR MODAL
» KULIAH TAMU FAKULTAS TEKNIK PERANAN PERGURUAN TINGGI DALAM RANGKA KONSERVASI ENERGI
» SEMINAR NASIONAL BERSAMA UMB YKCB DAN PPAD PADA HARI KESAKTIAN PANCASILA: MENEGAKKAN PANCASILA YANG DILUPAKAN
» MAHASISWA FIKOM RAIH JUARA II TINGKAT NASIONAL DI ISLAMIC SHORT MOVIE FESTIVAL UGM YOGYAKARTA
» SINAPTIKA FASILKOM USUNG NILAI PROFESIONALISME SUMBER DAYA MANUSIA HADAPI AFTA 2015
» MAHASISWA PUBLIC RELATIONS FIKOM UMB IKUTI PROGRAM STUDENT EXCHANGE KE UNIVERSITY SAINS MALAYSIA
» UNIVERSITAS MERCU BUANA JALIN KERJASAMA DENGAN TAMAN MINI INDONESIA INDAH
» MAHASISWA UMB BELAJAR BERSAMA DENGAN PRAKTISI VOA WASHINGTON DC
» DUNIA KAMPUS MAHASISWA BARU TA 2014/2015 UNIVERSITAS MERCU BUANA