» 
SEMILOKA NASIONAL KURIKULUM S1 AKUNTANSI BERBASIS KOMPETENSI MENGACU PADA KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)
(Updated: 14-03-2012 08:32 WIB)



Ikatan Akuntan Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Jakarta, Universitas Trisakti Jakarta, Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Bina Nusantara Jakarta dan Universitas Tarumanegara Jakarta menyelenggarakan Seminar Lokakarya Nasional dengan mengusung tema “Kurikulum S1 Akuntansi Berbasis Kompetensi Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)”. KKNI atau yang biasa dikenal dengan Indonesian Qualification Framework (IQF) adalah kualifikasi yang disepakati secara nasional disusun berdasarkan suatu ukuran pencapaian proses pendidikan sebagai basis pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang.

Acara yang diselenggarakan selama tiga hari, 28 Februari- 1 Maret 2012 lalu, bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dan aplikasi kurikulum berbasis kompetensi, memberikan pemahaman tentang konsep dan aplikasi KKNI. Selain itu menyelaraskan kualifikasi pendidikan S1 Akuntansi dengan dunia kerja melalui forum diskusi yang intensif dengan para user (Stakeholder), mendiskusikan dan merumuskan kurikulum S1 Akuntansi yang selaras dengan KKNI.

Kegiatan Semiloka Nasional tersebut dibuka secara resmi oleh Dr. Arissetyanto Nugroho (Rektor Universitas Mercu Buana) dan sambutan Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI-KAPd), Prof. Mohammad Nasir, Ak, Ph.D serta Dr. Wiwik Utami, Ak, MS (Dekan FEB UMB). Dihadiri oleh beberapa narasumber diantaranya Prof. Dr. Zaki Baridwan (Standar Kurikulum Pendidikan Tinggi), Hamid Yusuf (MAPPI), Linus M. Setyadi, Ak, MM, MBA (IAMI), Dr. Ir. Illah Sailah (Kebijakan Pendidikan Tinggi dalam Pengembangan Program Studi), Megawati Santoso, Ph.D (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan lain-lain.

Secara ringkas KKNI yang terdiri dari 9 level descriptor kualifikasi SDM Indonesia sudah selesai disusun. Dengan adanya KKNI ini, menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi akan mengubah cara melihat kompetensi seseorang, tidak lagi semata ijazah tapi dengan melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang secara luas yang akuntabel dan transparan.

Level Kualifikasi berdasarkan KKNI, deskriptor kualifikasi SDM Level 6 pada KKNI Program S1 Akuntansi mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. (Biro Sekretariat Universitas & Humas / humas@mercubuana.ac.id)


Berita Lainnya :

» SEMINAR NASIONAL BERSAMA UMB YKCB DAN PPAD PADA HARI KESAKTIAN PANCASILA: MENEGAKKAN PANCASILA YANG DILUPAKAN
» MAHASISWA FIKOM RAIH JUARA II TINGKAT NASIONAL DI ISLAMIC SHORT MOVIE FESTIVAL UGM YOGYAKARTA
» SINAPTIKA FASILKOM USUNG NILAI PROFESIONALISME SUMBER DAYA MANUSIA HADAPI AFTA 2015
» MAHASISWA PUBLIC RELATIONS FIKOM UMB IKUTI PROGRAM STUDENT EXCHANGE KE UNIVERSITY SAINS MALAYSIA
» UNIVERSITAS MERCU BUANA JALIN KERJASAMA DENGAN TAMAN MINI INDONESIA INDAH
» MAHASISWA UMB BELAJAR BERSAMA DENGAN PRAKTISI VOA WASHINGTON DC
» DUNIA KAMPUS MAHASISWA BARU TA 2014/2015 UNIVERSITAS MERCU BUANA
» PEMBUKAAN PERKULIAHAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2014/2015
» FDSK ADAKAN SEMINAR APLIKASI WARNA MATERIAL DALAM PERSPEKTIF RUANG
» SEMINAR DAN TALKSHOW TEKNIK SIPIL QUANTITY SURVEYOR
» KUNJUNGAN MAHASISWA RANGSIT UNIVERSITY KE UMB MENGUSUNG TEMA KERJASAMA BUDAYA
» MAHASISWA UMB HADIRI KULIAH UMUM BERSAMA KSAL LAKSAMANA TNI DR MARSETIO MM TENTANG MEMBANGUN KEKUATAN PERTAHANAN LAUT INDONESIA MENUJU WORLD CLASS NAVY
» MAHASISWA BROADCASTING MERAIH JUARA UNGGULAN DI DENPASAR FILM FESTIVAL 2014
» INFO FAKULTAS PSIKOLOGI UMB: RAPAT AWAL PERKULIAHAN GUNA PENINGKATAN KINERJA SISTEM PENGAJARAN DI KELAS
» KUNJUNGAN TOKAI UNIVERSITY JEPANG KE UNIVERSITAS MERCU BUANA