» 
SEMILOKA NASIONAL KURIKULUM S1 AKUNTANSI BERBASIS KOMPETENSI MENGACU PADA KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)
(Updated: 14-03-2012 08:32 WIB)



Ikatan Akuntan Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Jakarta, Universitas Trisakti Jakarta, Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Bina Nusantara Jakarta dan Universitas Tarumanegara Jakarta menyelenggarakan Seminar Lokakarya Nasional dengan mengusung tema “Kurikulum S1 Akuntansi Berbasis Kompetensi Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)”. KKNI atau yang biasa dikenal dengan Indonesian Qualification Framework (IQF) adalah kualifikasi yang disepakati secara nasional disusun berdasarkan suatu ukuran pencapaian proses pendidikan sebagai basis pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang.

Acara yang diselenggarakan selama tiga hari, 28 Februari- 1 Maret 2012 lalu, bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dan aplikasi kurikulum berbasis kompetensi, memberikan pemahaman tentang konsep dan aplikasi KKNI. Selain itu menyelaraskan kualifikasi pendidikan S1 Akuntansi dengan dunia kerja melalui forum diskusi yang intensif dengan para user (Stakeholder), mendiskusikan dan merumuskan kurikulum S1 Akuntansi yang selaras dengan KKNI.

Kegiatan Semiloka Nasional tersebut dibuka secara resmi oleh Dr. Arissetyanto Nugroho (Rektor Universitas Mercu Buana) dan sambutan Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI-KAPd), Prof. Mohammad Nasir, Ak, Ph.D serta Dr. Wiwik Utami, Ak, MS (Dekan FEB UMB). Dihadiri oleh beberapa narasumber diantaranya Prof. Dr. Zaki Baridwan (Standar Kurikulum Pendidikan Tinggi), Hamid Yusuf (MAPPI), Linus M. Setyadi, Ak, MM, MBA (IAMI), Dr. Ir. Illah Sailah (Kebijakan Pendidikan Tinggi dalam Pengembangan Program Studi), Megawati Santoso, Ph.D (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan lain-lain.

Secara ringkas KKNI yang terdiri dari 9 level descriptor kualifikasi SDM Indonesia sudah selesai disusun. Dengan adanya KKNI ini, menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi akan mengubah cara melihat kompetensi seseorang, tidak lagi semata ijazah tapi dengan melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang secara luas yang akuntabel dan transparan.

Level Kualifikasi berdasarkan KKNI, deskriptor kualifikasi SDM Level 6 pada KKNI Program S1 Akuntansi mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. (Biro Sekretariat Universitas & Humas / humas@mercubuana.ac.id)


Berita Lainnya :

» KULIAH UMUM DAN PENANDATANGANAN MOU TEKNIK ARSITEKTUR FTPD DENGAN PT.CIPTA MORTAR UTAMA
» INTERNASIONALISASI UMB DALAM BIDANG AKADEMIK PENELITIAN DAN KERJASAMA MENUJU AFTA 2015
» MAHASISWA UMB RAIH JUARA III BULUTANGKIS DI UNIVERSITAS BAKRIE
» KUNJUNGAN UNIVERSITY MALAYSIA SABAH KE FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA
» MERCU BUANA MARKETING DAY : WORKSHOP PRACTICAL BUSINESS PLAN
» MAHASISWA PSIKOLOGI UMB AKAN PRESENTASI PAPER PENELITIAN PADA THE ASIAN CONFERENCE ON THE SOCIAL SCIENCES 2014 DI OSAKA JEPANG
» UNIVERSITAS MERCU BUANA SELENGGARAKAN CAREER FAIR KE 11: SERAP ALUMNI SEBESAR 59%
» CALON WISUDAWAN UMB DIBEKALI SEMINAR BEDAH PSIKOTES & TEKNIK WAWANCARA
» SEMINAR INTERNAL FEB BAHAS NEUROMARKETING: MARKETERS TURN INTO MIND READERS
» INFO DINAS PENDIDIKAN DKI JAKARTA: KOORDINASI PERSIAPAN UJIAN NASIONAL BIDANG SMK TAHUN AKADEMIK 2013/2014
» DOSEN UMB DAN DEAKIN UNIVERSITY AUSTRALIA ADAKAN PROGRAM PENELITIAN BERSAMA
» INFO DIRMAWA: PENYERAHAN BEASISWA SUPERSEMAR TAHUN AKADEMIK 2014/2015
» KULIAH TAMU DESAIN PRODUK: BINTJANG KREATIF TENTANG TEKNOLOGI SASTRA DAN MUSIK
» SEMINAR FIKOM: PEREMPUAN, MEDIA DAN POLITIK
» ORANGE MEDIA FIKOM: TALKSHOW VIDEO SERIES TRAVELING BERSAMA JALAN JALAN MEN